21 Jun 2020, 19:08Kandungan

Keluar bercak darah setelah berhubungan intim, berbahayakah?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 28 Tahun
Dokter saya mau bertanya saya menjadwal waktu hubungan saya seminggu setelah saya selesai mentruasi. Tp setelah berhubungan saya keluar bercak darah .apa itu berbahaya dok?
79608 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SU.Hubungan intim adalah hal rutin yang dilakukan pasangan suami istri, dan turut berperan dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Saat melakukan hubungan intim, akan tercipta bonding yang menguatkan perasaan cinta pasangan. Selain itu, melakukan hubungan intim pada masa subur akan menyebabkan proses pembuahan, yang akhirnya terjadi kehamilan.Biasanya, hubungan intim dilakukan dengan tahap awal (foreplayterlebih dahulu. Dengan foreplay, vagina akan mengeluarkan pelumas yang memudahkan penis untuk masuk ke dalam pada saat penetrasi. Lalu, biasanya penetrasi akan diakhiri dengan ejakulasi, yaitu keluarnya sperma.

Penyebab Bercak Darah Setelah Hubungan Intim

Pada kondisi normal, setelah berhubungan intim seorang wanita tidak akan mengalami bercak darah. Tetapi, jika muncul, maka ada beberapa kemungkinan yang mungkin menyebabkannya:
  • Kurangnya pelumas pada vagina saat penetrasi
  • Penetrasi yang terlalu dalam atau gerakan yang terlalu cepat, sehingga membuat perlukaan pada vagina
  • Peradangan pada leher rahim 
  • Polip rahim
  • Infeksi jamur atau bakteri pada vagina
Untuk sementara, Anda dapat memantau kondisi Anda selama tiga hari ke depan. Apabila bercak darah hanya keluar sedikit saja, maka Anda dapat mencoba berhubungan seks lagi dengan foreplay yang lebih lama, sehingga pelumas alami vagina lebih banyak. Usahakan penetrasi juga tidak terlalu dalam, ya. Tetapi, apabila bercak darah terus-menerus keluar lebih dari tiga hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, karena kemungkinan disebabkan oleh salah satu dari kondisi di atas. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, lalu memberikan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
seksflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil