26 Feb 2021, 11:18Kandungan

Siklus haid wanita bagaimana yang normal?

GR
Info Penanya: GR0
saya Gita , umur 13 tahun. Saya mau bertanya. waktu itu saya haid tanggal 22 Januari dan selesai 29 Januari , terus saya haid lagi tanggal 13 February dan selesai 17 February selama 8 hari itu tidak ada yang keluar bahkan cuma putih seperti lendir tapi saat ini keluar flek coklat dan kadang keluar darah , sampe sekarang , saya yakin itu bukan darah haid karena masih 10 hari setelah haid . tapi saya bingung itu harus bagaimana ? cara agar tidak keluar lagi gimana ?
670 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam GRSiklus haid wanita itu bisa terjadi lebih cepat atau lebih lambat tapi yang masih masuk rentang normalnya dalah 21-35 hari. Haid adalah kejadian dimana keluarnya darah dari vagina akibat dari luruhnya lapisan dinding rahim berserta sel telur. 

Proses Normal Haid Wanita

Pada awal masa haid akan keluar bercak darah atau flek coklat dan kemudian keluar darah haid yang deras dan bisa bergumpal. Warna darah haid bisa merah kehitaman dan berlangsung selama 3-7 hari.Sebelum masa haid didahului dengan keluarnya keputihan yang seperti putih telur. Hal ini merupakan hal yang wajar atau normal. Jadi pada tanggal 13 hingga 17 Februari bukan merupakan masa haid anda. Yang terjadi sekarang adalah masa haid anda.Pada remaja muda organ reproduksi belum berfungsi secara optimal sehingga sangat sering terjadi gangguan pada menstruasi. Gangguan menstruasi bisa berupa haid terlambat atau cepat, tidak haid, haid hanya berupa flek-flek coklat atau haid berlangsung lama lebih dari 7 hari.

Menjaga Kesehatan Organ reproduksi

Anda harus menerapkan pola hidup sehat untuk menunjang organ-organ dalam tubuh bekerja optimal demi menjaga kesehatan tubuh termasuk organ reproduksi. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan:
  • Olahraga rutin 3x seminggu selama 30 menit
  • Makan bergizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah
  • Istirahat cukup, tidak bergadang
  • Turunkan berat badan berlebih
  • Hindari stres
  • Jaga kebersihan vagina dengan membasuh dan keringkan setiap selesai BAK, BAB dan mandi
  • Lap dengan tisu atau kain bersih dari arah depan ke belakang
Apabila terjadi gangguan haid atau menstruasi yang terjadi selama 3 bulan berturut-turut walaupun telah melakukan upaya hidup sehat maka konsultasikan hal ini ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat Salam sehat 
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil