17 Aug 2021, 07:16Kandungan

Apa penyebab flek berulang saat tidak haid?

WT
Info Penanya: WT0
selamat pagi dok, dok saya mau tanya pada tgl 1 agusrus saya keluar flek2 drah dri vagina selama 3 hari seminggu kemuadian saya tespek tetapi tdk hamil, trus pada tgl 15 saya dan suami melakukan hubungan suami istri dan pada tgl 17 agustus keluar flek kembali seperti pada tgl 1 sebenarnya knp ya dok? mohon penjelasannya dok??
115 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, WTerima kasih atas pertanyaannya.Flek adalah perdarahan ringan yang dapat terjadi karena faktor akan haid atau adanya gangguan di rahim.  Flek dalam beberapa hari atau berlanjut lebih dari seminggu.  

Penyebab flek dari vagina :

  • Tanda akan haid. 
  • Flek kehamilan. 
  • Adanya radang di vagina karena infeksi. 
  • Penggunaan KB hormonal. 
  • Gangguan di rahim contohnya endometriosis, polip rahim, kista ovarium, radang panggul. 
  • Ketidakstabilan hormonal karena stres, obesitas, sering begadang. 
Bila terjadi telat haid lebih dari 10 hari, lakukan pemeriksaan testpack karena testpack akurat saat mengalami terlambat haid sekitar 10 hari atau 45 hari dari awal haid sebelumnya.  Bila masih negatif setelah diulang, ada kemungkinan merupakan tanda haid, gangguan hormonal ataupun ada gangguan di rahim.  Untuk itu anda dapat lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan guna dilacak apakah flek merupakan kondisi yang berbahaya atau faktor hormonal saja.  Sementara ini jaga berat badan seimbang, kelola stres, kurangi begadang, makan sehat bebas pengawet, serta olahraga teratur.  Tunda dulu aktivitas seksual untuk beberapa waktu kedepan.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenyakit rahimgangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil