Apakah penyebab keluarnya bercak darah yang saya alami?

F Info Penanya: F, Wanita, 23 Tahun
Selamat pagi dok, mau tanya saya haid tgl 13juli selesai tgl 19 hari minggu itu suda bersih. Sya berhub dgn suami di tgl itu jg . Tgl 25 keluar bercak darah prut kram seperti mau bab terus.Lalu tgl 27 keluar bercak darah lagi hanya sekitar siang trus malem keluar lgi ,perut trasa kembung gak enak yg lebih gak nyaman lagi vagina berlendir bening trus,kram didaerah perut. Apakah kondisi ini wajar dok? Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Normalnya seorang wanita mengalami masa haid selama 2 - 14 hari, dengan siklus haid berkisar antara 21 - 35 hari. Beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi siklus haid adalah stres, kelelahan, adanya gangguan hormon seperti pada PCOS, adanya masalah pada berat badan seperti pada obesitas, atau karena adanya kondisi medis tertentu terkait dengan organ reproduksi wanita. Munculnya bercak darah atau  flek setelah melakukan hubungan seksual bisa merupakan hal yang wajar ataupun karena suatu penyakit. 

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan perdarahan setelah melakukan hubungan seksual adalah:

  • Adanya perdarahan implantasi
  • Adanya sisa dari menstruasi sebelumnya
  • Adanya luka atau cedera ketika melakukan hubungan seksual
  • Adanya penyakit menular seksual
  • Adanya kondisi medis lain terkait dengan organ reproduksi wanita

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan apabila Anda haid pada tanggal 13 Juli 2020 dan selesai pada tanggal 19 Juli 2020 maka Anda mengalami masa haid 7 hari (normal). Kemungkinan terjadinya bercak darah bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang sudah saya sebutkan. Untuk dapat memastikan penyebab pastinya, bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Hindari stres dan kelelahan, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, konsusmi makanan sehat bergizi, lakukan olahraga rutin dan perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan serta cukupilah kebutuhan cairan harian Anda dengan minum 8 gelas air perhari.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.