Benjolan di kelopak mata anak, berbahayakah?

AM Info Penanya: AM, Pria, 33 Tahun
Kelopak mata bawah anak saya usia 2 tahun 4 bulan ada bejolan yang tak kunjung hilang padahal saya sudah bawa kedokter tetapi tak kunjung sembuh itu bahaya tidak ya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di sehatQ.

Benjolan di kelopak mata adalah kondisi infeksi akibat peradangan yang terjadi pada kelopak mata. Biasanya, benjolan berisi nanah, dan jika dilihat kasat mata akan tampak seperti bisul atau jerawat.

Benjolan di kelopak mata dikategorikan menjadi dua, yaitu:

  • Hordeolum, adalah infeksi yang terjadi karena kelenjar minyak yang tersumbat dan terdapat bakteri tertentu. Biasanya, hordeolum teraba lunak, nyeri, dan terletak di ujung kelopak mata. 
  • Kalazion, adalah ketika hordeolum tidak sembuh dengan sendirinya. Pada kalazion, benjolan tidak terasa nyeri lagi, namun benjolan tetap ada.

Kedua kondisi ini biasanya tidak menyebabkan gangguan penglihatan. Namun, pada beberapa kasus, benjolan lama bisa berkembang menjadi infeksi pada wajah yang disebut dengan selulitis.

Berikut penanganan benjolan kelopak mata yang Anda bisa lakukan di rumah:

  • Mengompres mata yang sakit dengan air hangat 3-5 kali per hari, dengan durasi kompres 10-15 menit
  • Tidak memencet benjolan, karena berpotensi terjadi infeksi lanjutan
  • Tidak memegang benjolan dengan tangan yang kotor

Apabila benjolan tidak sembuh setelah beberapa hari, atau timbul gejala lain seperti bengkak pada wajah, nyeri kepala, demam, penglihatan kabur, atau nanah yang mengalir keluar, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis mata. Nantinya, dokter spesialis mata akan memberikan penanganan yang sesuai bagi anak Anda, di antaranya mengajarkan teknik pijat pada benjolan, obat-obatan, ataupun tindakan bedah jika diperlukan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.