Keloid tidak hilang meski dengan pemakaian salep dan bawang putih

BL Info Penanya: BL, Pria, 37 Tahun
Selamat Pagi Dok, mau tanya: cara sembuhkan keloid gimana ya?mulai dari salep krim bekas luka smpe bawang putih di parut sudah sy coba tapi koq tetap gak menyusut ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BL,

Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuhnya berlebihan ketika terjadi proses penyembuhan luka. Ketika terjadi luka baik luka yang disebabkan sayatan, luka bakar maupun goresan akan merusak lapisan kulit. Tubuh berusaha memulihkan keadaan kulit ini dengan cara membentuk jaringan parut, namun pada kasus keloid jaringan parut ini tumbuh secara berlebihan sehingga akan tampak seperti daging tumbuh yang lebih menonjol dibanding kulit sekitarnya. Keloid ini akan menimbulkan rasa gatal dan nyeri, yang semakin lama akan semakin keras. Jaringan keloid yang semakin keras akan menyebabkan semakin sulit untuk ditangani.

Agar keloid tidak semakin membesar, sebisa mungkin hindari keloid bergesekan dengan pakaian, hindari sinar matahari agar keloid tidak berwarna hitam, hindari menggaruk keloid secara terus-menerus.

Penanganan pada keloid tergantung dari seberapa menonjolnya dan seberap besar keloid itu sendiri. Bila keloid tidak terlalu menonjol cukup dengan pemakaian salep saja. Namun bila keloid sangat menonjol dan lebar, maka dokter akan melakukan suntikan kortikosteroid di bagian keloid tersebut selama beberapa kali atau bisa juga dengan melakukan tindakan operasi, laser, cryotherapy dengan berbagai pertimbangan.

Berikut yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mencukur bulu ketika adalah salah satu penyebab timbulnya bisul ketiak

Bisul di Ketiak Bisa Muncul Karena Kebiasaan Ini

Bisul adalah infeksi folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Bisul pada ketiak dapat muncul akibat keringat berlebih, kebersihan ketiak yang buruk, hingga kebiasaan mencukur bulu ketiak. Meski begitu, bisul ketiak bukanlah suatu kondisi yang berbahaya.