Apa penyebab keloid?

TA Info Penanya: TA, Wanita
Dok untuk menghilangkan keloid kaya gimana ya, Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keloid adalah bekas jaringan parut sehabis munculnya luka, yang bertumbuh dan mengeras. Gejala umum keloid adalah dimulai dengan luka bewarna merah muda, merah atau ungu, muncul dengaan lambat, terasa berbeda dengan kulit di sekitarnya, dapat menyebabkan sakit dan gatal.

Keloid bisa muncul karena bekas luka seperti luka bakar, jerawat, cacar air, tindik, luka gores, luka bekas operasi. Tidak semua orang memiliki resiko terkena keloid, beberapa diantaranya berisiko besar terkena keloid adalah orang yang memiliki riwayat keluarga yang mempunyai keloid.

Untuk mencegah timbulnya keloid, Anda dapat menerapkan beberapa cara seperti, menghindari cedera di daerah kulit, jaga kulit dari sinar matahari langsung. Untuk mengatasinya di rumah Anda bisa melakukan beberapa cara seperti mengoleskan bawang putih dan madu di area yang berkeloid.

Jika dengan cara di atas keluhan Anda tidak membaik, Anda membutuhkan penanganan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit, untuk dilkukan tindakan lebih lanjut seperti suntikan kortikosteroid, operasi atau laser.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TA
18 May 2020, 15:50
Salep untuk keloid tidak ada dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
19 May 2020, 07:50
Selamat pagi TA,
Untuk menyamarkan keloid, bisa coba gunakan bahan alami seperti madu, lidah buaya, atau perasan air lemon. Untuk salep, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ya ke dokter spesialis kulit. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Freckles dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ephelides dan lentigo

Freckles: Penyakit Kulit yang Menjadi Tren Makeup

Freckles merupakan bentuk terkecil berwarna kecokelatan yang muncul di area wajah bahlan lengan, penyakit kulit yang sempat menjadi tren makeup. Salah satu cara mencegah freckles muncul adalah menggunakan tabir surya.