Hipertiroid atau hipotiroid apa bedanya?

MH Info Penanya: MH, Wanita, 21 Tahun
Sore dok,Dua hari yang lalu saya melakukan tes lab dan hasilnya ft4 (II) ng/dl dan tshs uiu/ml.Saya mau tanya, kelenjar teroid yang saya alami masuk dalam jenis hipo atau hiperteroid dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MH,

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang letaknya di leher bagian depan yang berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid yakni triiodothyronine (T3) dan tiroksin (T4). Namun kelenjar tiroid ini tanpa penyebab yang jelas bisa memproduksi hormon tiroid secara berlebihan atau justru kurang produksinya, dan masing-masing menimbulkan gejala yang berbeda-beda.

Kadar hormon tiroid normal berkisar:

  • TSH : 0,4-4,0 mikroIU/ml
  • T3 : 0,9-1,95 ng/ml
  • T4 : 4,4-12,5 mikrogram.

Namun nilai ini bisa sedikit ada perubahan tergantung nilai normal masing-masing laboratorium yang mengerjakannya. Bila nilai TSH di atas normal dan nilai T3 atau T4 dibawah normal maka dikatakan mengalami hipotiroid. Sedangkan bila TSH di bawah normal dan nilai T3 dan T4 melebihi nilai normal, maka dikatakan hipertiroid. Berapakah hasil laboratorium Anda?

Bila hasil hormon tiroid Anda tidak dalam rentang nilai normal, baik berlebihan atau di bawah nilai normal, dan ada gejala seperti lemas, dada sering berdebar, berat badan mengalami penurunan, sering berkeringat, teraba benjolan di leher, atau kedua bola mata tampak seperti agak menonjol maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi yodium adalah mengubah hormon stimulasi tiroid menjadi triiodotironin dan tiroksin

Fungsi Yodium dan Bahayanya Jika Tubuh Kekurangan Zat Ini

Yodium adalah mineral yang menjadi nutrisi penting untuk tubuh. Bahkan, seseorang bisa mengalami gondok bila kekurangan yodium. Namun apa fungsi yodium yang sesungguhnya?