31 May 2021, 21:18Infeksi

Bagaimana pengobatan TBC kelenjar ?

WW
Info Penanya: WW0
Maaf dok mau tanya, saya mengalami penyakit tbc dan ada kelenjar di leher. Dok, awalnya kelenjar nya keras tetapi setelah beberapa minggu kemudian menjadi lunak. Itu kenapa dok? Apakah itu proses penyembuhannya? Terimakasih dok
207 Views
5 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, W.TBC dapat dialami oleh semua usia, baik muda maupun tua. Dimana penularan melalui percikan air liur penderita saat bersin, batuk atau membuang dahak. Kesadaran menggunakan masker yang rendah, kepatuhan minum obat yang tidak baik, resistensi antibiotik, membuat kasus TBC di Indonesia tidak kunjung menurun.

Apa yang menyebabkan timbul benjolan di leher pada penderita TBC ?

TBC tidak hanya menginfeksi paru namun dapat menyebar ke organ lain seperti kelenjar getah bening, tulang, kulit, usus, bahkan selaput otak. Keluhan timbul benjolan yang awalnya keras kemudian menjadi lunak di leher Anda, dapat merupakan skrofula. Skrofula disebut dengan TBC kelenjar. Gejala TBC kelenjar mirip dengan TBC paru yaitu penurunan berat badan drastis, demam meriang tanpa sebab yang jelas, badan menjadi lemah, keringat malam. Pengobatan skrofula menggunakan OAT. Selain karena skrofula, keluhan benjolan yang Anda alami dapat disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening akibat infeksi pada gigi dan telinga. Selain itu, bisa disebabkan oleh kelenjar lipoma.Untuk memastikan penyebab sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis paru dan melakukan biopsi. Teruskan pengobatan TBC hingga tuntas. Jaga kesehatan, makan makanan bergizi, istirahat cukup, gunakan masker walau di rumah, pastikan ventilasi dalam keadaan baik, rumah dalam keadaan bersih, tidak lembab. Kesembuhan TBC dapat dilihat dari gejala, pemeriksaan dahak, rontgen. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tbcinfeksi paru-parupembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil