26 Feb 2021, 09:33Kanker

Benjolan payudara disertai pembesaran kelenjar getah bening

SN
Info Penanya: SN0
Hallo dok,,,saya ibu sutarni umur 37 thn,,,saya punya benjolan di payudara kanan dan hasil ronsen kalau saya ada kelenjar getah bening,,,apakah itu dinamakan kanker payudara dok?dan bahaya atau tidak?
262 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, S.Benjolan di payudara dapat bersifat jinak atau ganas. Untuk membedakannya, dapat diperkirakan dari karakteristik benjolan. Benjolan jinak cenderung bertepi rata dan dapat digerakkan; sedangkan benjolan ganas cenderung berbonjol-bonjol, tidak dapat digerakkan, dan membesar secara cepat.Sedangkan kelenjar getah bening adalah kelenjar kecil yang tersebar di seluruh tubuh. Kelenjar ini memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Apabila ada bakteri atau sel kanker yang tidak dikenali tubuh dan dianggap sebagai benda asing yang membahayakan, kelenjar getah bening akan membesar.Mengenai kondisi Anda, saat ini belum bisa dijelaskan lebih lanjut apakah Anda mengalami kanker payudara atau bukan, dan berbahaya atau tidaknya. Ada beberapa pertanyaan yang masih harus digali lebih dalam, sekaligus pemeriksaan fisik dan penunjang yang perlu dilakukan, sepetti:
  • Apakah pada rontgen ada pembesaran kelenjar getah bening?
  • Apakah lokasi pembesaran tersebut berada di ketiak atau dada?
  • Berapa jumlah kelenjar getah bening yang membesar?
  • Bagaimana karakteristik benjolan dari pemeriksaan fisik?
  • Apabila memungkinkan untuk dilakukan pemeriksaan biopsi jarum, bagaimana hasilnya?
Dari jawaban pertanyaan tersebut, maka baru dapat disimpulkan apa jenis benjolan Anda dan seberapa berbahayanya. Untuk itu, coba periksakan secara langsung kepada dokter spesialis bedah, agar dapat dilakukan interpretasi secara langsung dari kondisi Anda. Nantinya dokter juga akan menyarankan terapi yang sesuai, baik operasi atau kemoterapi dan radioterapi (apabila ganas). Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr Sylvia
kelenjar getah beningkanker payudarapayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil