Kelenjar getah bening di leher bengkak

NH Info Penanya: NH
Dok saya mau nnya kelenjar getanh bening di leher membengkak wktu kemo itu udh mengecil akhir2 ni slsai kemo 3 mingguan itu lambat itu besar dan dipegang lembek.. Itu sakit apa yaa dok.. Ap prlu operasi dok.. Kl dri dokter rscm dok. Scan darioterapi itu hrs di operasi namun ke dr. Bedah dlu konsultasi hbs itu dokternya slh kasih surat jln jelas2 pasien yg bengkak dleher knp scan di otak.. Itu yg bagus obat ap ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NH,

Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan karena beberapa penyebab baik adanya infeksi tubuh lain, infeksi di kelenjar getah bening itu sendiri ataupun karena penyebaran dari sel kanker di tempat lain atau disebut dengan metastasis.

Apabila benjolan menetap dan sudah dilakukan kemoterapi sebelumnya tidak mengecil maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan. Bisa juga dilakukan biopsi dibagian kelenjar yang membengkak. 

CT scan kepala sendiri salah satunya ditujukan untuk memastikan ada tidaknya penyebaran dari kanker diotak karena ditakutkan pembengkakan kelenjar getah beningnya adalah akibat penyebaran dari sel kanker tersebut.

Apabila sudah ditentukan apa penyebabnya akan ditentukan langkah berikutnya. Jika disarankan operasi maka baiknya segera dilakukan tindakan. Karena sedang menjalani kemoterapi maka tidak disarankan mengonsumsi obat selain yang diberikan oleh dokter yang menangani. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain kemoterapi, masih banyak terapi kanker yang juga efektif untuk menyembuhkan penyakit ini

Selain Kemoterapi, Ada Berbagai Terapi Kanker Lain Sebagai Pilihan

Terapi kanker atau pengobatan kanker yang paling populer saat ini adalah kempoterapi. Namun sebenarnya, pilihan perawatan kanker ada beragam, termasuk radioterapi, operasi, hingga terapi hormon. Mana yang paling efektif?