Benjolan karena sering kegigit apa solusinya?

PS Info Penanya: PS
Dok saya mau tanya, di mulut saya ada benjolan lumayan besar karena sering kena gigit, biasanya suka kempis tpi sekarang udh lama engga malah kaya jdi daging gitu kira" buat biaya operasi berapa ya?? Soalnya sangat mengganggu banget ketika proses mengunyah atau ngomong, Lokasi benjolanya di bagian pinggir mulut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PS,

Mucocele adalah benjolan yang seringkali muncul pada mukosa rongga mulut akibat adanya trauma berulang kali. Benjolan ini tidak menimbulkan nyeri dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun beberapa kasus memang memerlukan tindakan operasi.

Penyebab mucocele.

Yang seringkali menyebabkan mucocele atau benjolan pada rongga mulut adalah:

  • Kegigit. Kegigit akan menyebabkan luka pada mukosa mulut dan pada proses penyembuhannya akan menimbulkan jaringan parut yang menyumbat kelenjar air liur, sehingga air liur tidak bisa mengalir dengan lancar dan timbul benjolan.
  • Tertusuk duri ikan.
  • Trauma ketika menggosok gigi.

Penanganan mucocele.

Yang dapat Anda lakukan untuk menangani mucocele tersebut adalah:

  1. Kumur menggunakan air hangat campur dengan sedikit garam.
  2. Hindari mengunyah pada sisi yang ada benjolannya.
  3. Benjolan jangan dipecahkan.
  4. Jaga kebersihan mulut dengan rutin menggosok gigi.

Bila benjolan sudah semakin besar dan tidak bisa kempes dengan sendirinya, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut dan menanyakan perkiraan biaya operasinya. Namun meskipun sudah dioperasi, tetap ada kemungkinan untuk kembali tumbuh benjolannya seperti semula.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Teratoma adalah tumor jinak yang dapat muncul di ovarium dan menimbulkan nyeri perut

Kerap Dianggap Santet, Teratoma Adalah Tumor Berisi Hal Tak Lazim

Teratoma adalah tumor langka yang biasanya muncul pada ovarium, testis, maupun tulang ekor. Tumor ini berisi jaringan dan organ seperti rambut, gigi, tulang, hingga otot yang sering membuat orang mengira disebabkan oleh santet.