Kelanjutan dari pertanyaan keputihan, mengenai tampon dan penularan penyakit secara seksual

AR Info Penanya: AR, Wanita, 49 Tahun
Tampon itu apa yah dok? Trus penularan seksual maksudnya bagaimana yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AR

Terimakasih untuk pertanyaan lanjutannya,

Tampon adalah bantalan kapas yang berfungsi seperti pembalut, yakni menyerap darah menstruasi. Di Indonesia, penggunaan tampon terbilang masing jarang, namun tampon dapat diperhitungkan sebagai salah satu alternatif yang dianggap lebih praktis dari pembalut. Walaupun penggunaan tampon dianggap aman jika digunakan sesuai anjuran, hendaknya untuk selalu memperhatikan petunjuk dan durasi pemakaian, serta daya serapnya.

Selanjutnya mengenai penularan seksual, yang berarti cara penularan penyakit melalui hubungan seksual, baik berasal dari penyakit akibat infeksi (bakteri, virus, parasit) yang menyerang organ lain maupun infeksi yang khusus menyerang organ intim atau yang biasa disebut dengan penyakit menular seksual (PMS). Bagi pasangan yang aktif secara seksual, terdapat berbagai penyakit yang dapat ditularkan saat berhubungan, yaitu :

  • Penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit menular seksual (PMS) seperti, Trikomoniasis, Gonore, Sifilis, klamidia dan lain-lain 
  • Pengakit infeksi yang menyerang organ lain namun dapat ditularkan melalui hubungan seksual, seperti hepatitis, HIV dan lain-lain

Untuk keputihan itu sendiri, dapat merupakan gejala dari suatu penyakit infeksi, yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, ataupun non infeksi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bermesraan dengan pasangan setelah berhubungan intim tergolong penting untuk membangun hubungan yang sehat

10 Kebiasaan Sehat yang Penting Dilakukan Setelah Berhubungan Intim

Membangun kebiasaan sehat setelah berhubungan intim termasuk penting demi mencegah berkembangnya kuman atau terkena infeksi. Mulai dari mencuci tangan, membersihkan area organ intim, buang air kecil, dan banyak lagi.