23 Jun 2021, 18:02Kulit & Kelamin

Bagaimana menangani penyakit prostat?

J
Info Penanya: J0
Dok., Cara menyembuhkan prostat tanpa operasi dok? ???
284 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, J                Terima kasih atas pertanyaannya.Prostat adalah suatu kelenjar yang merupakan bagian dari organ reproduksi pria yang memiliki fungsi untuk produksi cairan yang semen yang berfungsi membawa sperma keluar saat ejakulasi.  Adanya infeksi atau gangguan di prostat akan menimbulkan keluhan saat buang air kecil.

Jenis-jenis penyakit pada prostat :

  • Prostatitis atau infeksi pada kelenjar prostat yang menyebabkan demam, nyeri saat buang air kecil. buang air kecil sering, nyeri di kelamin dan testis atau bokong belakang.
  • Pembesaran kelenjar prostat dengan keluhan buang air kecil sering terutama di malam hari, sulit memulai buang air kecil, pancaran saat buang air kecil lemah, urin menetes ketika selesai buang air kecil, hingga rasa tidak tuntas saat buang air kecil.
  • Kanker prostat dimana keluhannya mirip dengan keluhan gangguan prostat lain hanya disertai dengan nyeri dan kekauan di punggung, panggul dan selangkangan serta ada penurunan berat badan drastis.
Jadi penanganan penyakit pada prostat tergantung pada jenis penyakit yang ada.  Tidak semua penyakit prostat dioperasi.  Jika hanya karena infeksi atau pembesaran kelenjar prostat ringan biasanya cukup dengan pemberian obat-obatan tetapi jika pembesaran prostat yang tidak membaik dengan pengobatan atau atau terjadi kanker prostat maka perlu tindakan lanjutan salah satunya operasi.  Untuk itu periksakan ke dokter spesialis urologi untuk penanganan sesuai kondisi prostat anda.    Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
prostatkanker prostatprostatitisreproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil