12 Apr 2021, 18:15Kulit & Kelamin

Keputihan bercampur bercak darah dan gatal

NZ
Info Penanya: NZ0
Assalamualaikum dok mau tanya keputihan campur bercak darah tapi keluarnya jarang" itu gejala apa ya dok di sertai dengan gatal juga??? Terimakasih mohon di jawab ya dok
64 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NZ,Keputihan adalah gejala yang sebenarnya bisa normal terjadi, tetapi jika keputihan timbul lebih banyak dan juga berubah warna atau konsistensinya serta ada gejala tambahan maka bisa merupakan keputihan yang tidak normal.Penyebab keputihan yang tidak normal sendiri bisa beragam, mulai dari kebersihan organ kewanitaan yang kurang baik, hubungan seksual, ataupun karena penyebab lainnya. Beberapa keputihan juga bisa disebabkan oleh infeksi baik infeksi jamur, infeksi bakteri, infeksi parasit yang perlu dipastikan apa penyebabnya agar bisa dilakukan penanganan yang tepat. Untuk gejala sendiri yang bisa menyertai diantaranya adalah:
  • Perih saat berhubungan seksual
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Gatal
  • Timbul bau khas
  • Nyeri perut bawah
  • Disertai bercak darah
Nantinya dapat dilakukan pemeriksaan cairan keputihan untuk dipastikan apa penyebabnya dan diberikan pengobatan yang tepat. Perlu juga menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan membasuh menggunakan air hangat, keringkan sampai benar-benar kering dan hindari pakaian ketat. Upayakan juga hindari dulu melakukan hubungan seksual. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
keputihanorgan intim wanitakesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil