30 Sep 2020, 23:16Kulit & Kelamin

Keputihan, miss V gatal, kenapa?

D
Info Penanya: D0
Dok saya perempuan umur 22 tahun ingin bertanya, kenapa vagina saya tiba2 dalam nya berwarna putih dan terasa gatal sekali lalu mengeluarkan cairan encer berwarna putih dalam jumlah yang banyak. Ini sudah 3 hari dok.
124 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, DTerima kasih atas pertanyaan AndaKeputihan adalah kondisi yang wajar dialami wanita mendekati masa haid baik sebelum ataupun sesudah haid. Namun, keputihan yang berjumlah banyak, berbau tidak sedap, berwarna kekuningan atau bahkan kehijauan, serta diikuti dengan rasa gatal dan atau nyeri pada perut bagian bawah disebabkan karena adanya kondisi medis tertentu dan membutuhkan pengobatan.

Penyebab keptutihan pada wanita diantaranya adalah:

Terkait dengan apa yang Anda keluhkan, beberapa kemungkinan penyebab dari keputihan bisa dikarenakan kondisi yang sudah tercantum di atas. Untuk dapat memastikannya, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat agar dokter melakukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang (laboratorium) bilamana diperlukan. Sehingga, Anda akan mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab dari keluhan Anda. Karena berbeda penyebabnya, maka berbeda pula pengobatan dan penangannya. 

Tips untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan, yaitu:

  • Gunakanlah pakaian dalam dengan bahan katun yang lembut dan menyerap keringat, usahakan mengganti pakaian dalam 2-3 kali dalam sehari
  • Ganti pembalut 3-4 jam sekali saat sedang haid
  • Hindari menggunakan sabun pembersih kewanitaan, karena dapat membunuh flora normal pada vagina sehingga menyebabkan keputihan semakin banyak
  • Basuhlah vagina dari arah yang benar saat (depan ke belakang)
  • Tidak bergonta ganti pasangan seksual
  • Konsumsi makanan sehat bergizi, hindari stres dan beristirahat dengan cukup
Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
infeksi jamurvagina gataltrikomoniasiskeputihanvaginosis bakteripenyakit radang panggul
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil