Apakah masih perawan jika memasukkan jari ke vagina?

SN Info Penanya: SN
Siang dok, saya mau tanya misalkan kalau vagina udah di masukin jari udah tidak perawan lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SN.

Perawan adalah kata yang memiliki definisi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang mendefinisikan perawan sebagai 'seseorang yang belum pernah berhubungan seksual', tetapi ada juga yang menghubungkan keperawanan dengan keutuhan selaput dara.

Selaput dara adalah organ tipis di dalam vagina yang elastis. Dalam kondisi normal, selaput dara memang sudah memiliki lubang, dimana lubang tersebut dilalui oleh darah ketika proses menstruasi. Nah, ketika ada benda yang masuk ke vagina, lubang tersebut akan semakin besar karena robekan selaput dara. Misalnya, penis (saat hubungan seks), jari, kecelakaan sepeda, dan lain-lain.

Oleh karena itu, masih perawan atau tidaknya Anda bergantung kepada definisi kata tersebut menurut Anda. Jika menurut Anda perawan berhubungan dengan keutuhan selaput dara, maka bisa saja Anda sudah tidak perawan, karena jari juga bisa memicu robeknya selaput dara. Tetapi, jika menurut Anda perawan adalah belum pernah berhubungan seksual, maka Anda masih perawan.

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melihat apakah selaput dara Anda masih utuh atau tidak. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila celana dalam terlalu ketat, maka organ intim rentan mengalami iritasi

Tidak Pakai Celana Dalam Saat Tidur Bukan Jorok, Justru Baik!

Tidak pakai celana dalam saat tidur bisa jadi momen favorit organ reproduksi Anda di bawah sana. Selain bisa 'bernapas', organ intim Anda justru terhindar dari infeksi jamur jika Anda going commando.