Mengapa keluar darah dari vagina diluar siklus haid?

J Info Penanya: J
Selamat pagi dok. Saya wanita usia 21 tahun. Belakangan ini vagina saya sering menemukan bercak darah di celana dalam saya. Setelah saya lihat dengan kaca, ternyata sumbernya pada lubang vagina saya. Darah yang keluar tidak banyak, hanya setetes saja. Saya bingung ini darah apa dok, padahal saya masig perawan dan tidak pernah memasukkan apa2 ke dalam lubang vagina saya. Mohon penjelasannya dok, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, J.

 

Haid merupakan keluarnya darah dari vagina sebagai tanda bahwa wanita siap hamil, namun jika tidak ada proses pembuahan maka dinding rahim akan meluruh dan keluar bersama dengan darah haid. Hal ini normalnya rutin dialami setiap bulan. keluarnya darah atau flek diluar dari siklus haid dapat disebabkan oleh beberapa kondisi.

Adapun beberapa penyebab perdarahan diluar siklus menstruasi adalah sebagai berikut: 

  • Adanya luka/cedera dari organ reproduksi wanita
  • Masalah hormonal
  • PCOS
  • Stres
  • Terlalu banyak aktivitas/kelelahan
  • Spotting/flek sisa dari siklus menstruasi sebelumnya
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika flek atau bercak darah terjadi setelah menstruasi kemungkinan dikarenakan spotting atau flek dari sisa siklus menstruasi sebelumnya. Jika hal ini hanya pada 1 kali siklus menstruasi hal tersebut masih bisa dikatakan normal. Namun, jika hal ini terjadi berulang kali, maka sebaiknya melakukan kunjungan ke dokter spesialis kandungan supaya dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG.

Pastikan Anda tetap mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, rutin melakukan olahraga agar tubuh tetap bugar, hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup, serta cukupi kebutuhan cairan dengan minum air. 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.