Apakah penyebab terlambat menstruasi?

V Info Penanya: V, Wanita
Siang dok Kenapaya saya udah 1 minggu telat haid tapi di V saya tuh kerasa kayak haid tapi ga ada darah haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, V

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Haid atau menstruasi merupakan hal yang dialami hampir setiap wanita setiap bulan. Siklus menstruasi ini dikatakan normal terjadi pada 21 - 35 hari. Sebagian besar wanita mempunyai siklus 28 hari. Cara menghitungnya adalah dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Lama dari menstruasi juga beragam, dikatakan normal bila terjadi selama 2 - 14 hari dengan rata-rata wanita mengalami menstruasi selama 3-7 hari. 

Perdarahan pada menstruasi juga beragam, mulai dari berwarna merah segar, merah tua, merah kecoklata, atau bahkan kehitaman. Selain itu juga bisa berupa bercak, flek, spotting, gumpalan, cair, bahkan cair kekentalan.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi adalah sebagai berikut ini:

Terkait dengan keluhan Anda jika siklus menstruasi melebihi 35 hari, selain disebabkan oleh yang sudah disebutkan di atas bisa juga terjadi kehamilan. Jika Anda ragu-ragu, bisa melakukan tes kehamilan. Tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif tes kehamilan, pemeriksaan dokter dan hasil USG kehamilan.

Usahakan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuahn cairan harian, perbanyak sayur dan buah, hindari stres dan kelelahan. Jika keluhan dirasa tidak membaik, bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.