Benjolan di labia mayora, apa penyebabnya?

JV Info Penanya: JV, Wanita, 1 Tahun
Dok kenapa ya kemaren sempat ada bentol dan gatal di labia mayora yang kiri tapi tidak parah tetapi skrng sudah lumayan membaik walaupun masih ada sedikit dan menjadi bengkak sedikit tetapi tdiak besar kira kira karena apa dan cara mengatasinya bagimana , dan sudah tidak gatal kok dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JV.

Labia mayora adalah salah satu bagian pada organ kewanitaan. Normalnya, ada sepasang labia mayora pada kelamin wanita, satu di kanan dan satu di kiri. Labia mayora berfungsi untuk melindungi organ-organ yang memiliki lokasi lebih dalam, seperti labia minora.

Ada kalanya seseorang mengalami gangguan pada labia mayora, seperti misalnya gatal, bengkak, atau timbul benjolan seperti yang Anda alami. Ada beberapa penyebab benjolan yang umum terjadi. Pertama, kista bartolini, yaitu benjolan yang biasanya berisi nanah dan disertai nyeri. Kedua, folikulitis, yaitu peradangan akar rambut kemaluan yang bisa menyebabkan gatal. Selain itu, ada beberapa penyebab yang cenderung lebih jarang terjadi, misalnya kutil kelamin atau pelebaran pembuluh darah.

Untuk mengetahui apa yang harus Anda lakukan, sebaiknya harus dipastikan dulu apa penyebab benjolan tersebut. Untuk sementara, apabila sudah cukup membaik dan tidak lagi gatal, Anda dapat memantau benjolannya terlebih dahulu dalam tiga hari kedepan. Jika menghilang dengan sendirinya, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika benjolan kembali membesar dan ada tanda lain seperti nyeri, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga area kewanitaan dengan baik, seperti menjaganya agar tidak lembab. Sebaiknya juga rajinlah mengganti pembalut saat menstruasi. Satu lagi, jangan menggaruk bagian yang gatal karena berisiko memicu infeksi lanjutan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi