Apakah berbahaya berhubungan saat wanita haid?

AR Info Penanya: AR, Pria, 28 Tahun
Malam dok,dok gimana kalaw saat hubungan intim terus tiba tiba si wanita nya keluar darah/mens ,namun sebelum nya tidak mengeluarkan darah/mens,namun saat mengetahui keluar darah saya langsung hentikan hubungan intim nya lalu cepat-cepat saya cuci dengan sabun ,apakah dampak nya akan berbahaya gak dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Berhubungan seks saat hai memiliki beberapa risiko di antaranya :

  1. Menyebabkan penyeakit menular seksual
    Saat sedang haid, leher rahim akan terbuka sehingga mempermudah masuknya keman dan bakteri. Risiko tertular infeksi menular saat menstruasi lebih tinggi seperti hepatitis dan HIV.
  2. Infeksi
    Dinding vagina akan membengkak atau inflamasi saat mentruasi. Saat terjadi inflamasi, lapisan dinding rahim akan luruh bersamaan keluarnya darah haid. Darah inilah akan berpotensi menjadi media pengembangan bakteri dan kuman yang bisa mengakibatkan infeksi saluaran kencing. Selain itu, saat menstruasi pH vagina meningkat sehingga menyebabkan pertumbuhan jamur lebih cepat.
  3. Endometriosis
    Berhubungan intim saat haid bisa menyebabkan aliran balik darah haid dari rahim ke saluran indung telur. Sehingga menyebabkan pertumbuha sel-sel diluar dinding rahim (endometrium)

Jaga selalu kebersihan organ intim Anda dan konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari. dan olahraga teratur. Mengingat bahayanya berhubungan saat haid, Anda tidak disarankan melanjutkan hubungan saat istri Anda sedang haid. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips memilih mainan seks

Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Sex Toys yang Aman dan Tepat

Penggunaan mainan seks atau sex toys nyatanya dapat membantu meningkatkan gairah saat bercinta. Tapi, bagaimana tips memilih sex toys yang tepat dan aman? Terlebih untuk Anda yang masih pemula