11 Feb 2021, 22:49Penyakit Lainnya

Mengapa anus terasa tidak nyaman dan pegal?

EB
Info Penanya: EB0
Dr. Mau tanya knp Yaa dubur saya merasa pegel dan seperti orang mau bab.seperti mau mengedan.
2276 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, EBTerima kasih atas pertanyaannya.Ketika anus terasa pegal dan merasa tidak nyaman seperti ada tekanan ada kemungkinan merupakan penanda adanya gangguan pada bagian tersebut.

Penyebab rasa tidak nyaman di anus :

  • Gangguan buang air besar seperti diare atau sembelit. Penyebabnya dapat berbeda tetapi biasanya karena faktor infeksi pencernaan, stres, asupan makanan yang kurang baik, jarang makan serat, serta kurang minum air putih.
  • Wasir atau ambeien. Kondisi ini adalah adanya pembesaran pembuluh darah pada anus karena terlalu sering mengejan, obesitas, serta asupan yang kurang baik.
  • Robekan pada anus sehingga menimbulkan nyeri, panas, tertekan di anus, dan terkadang menimbulkan perdarahan saat buang air besar.
  • Abses atau bisul pada anus dapat menyebabkan bengkak pada anus, buang air besar berdarah dan sakit saat dipakai duduk.
  • Riwayat cedera pada tulang ekor.
  • Riwayat hubungan seksual secara anal.
Bila keluhan anda sudah berlangsung lama dan menimbulkan gangguan saat aktivitas ataupun hingga menganggu buang air besar, periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan langsung pada anus untuk dilihat apakah ada gangguan di anus atau karena faktor makanan saja.Sementara ini, lebih banyak minum air putih, tingkatkan konsumsi makanan tinggi serat, hindari makanan gorengan , berminyak, pedas, dan tinggi kolestrol, olahraga teratur dan jaga berat badan seimbang.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
sembelitdiarenyeri anuswasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil