Bagaimana mengatasi kelainan pada saluran pencernaan?

FF Info Penanya: FF, Pria, 24 Tahun
Permisi dok, dengan hormat, saya ingin bertanya. Ayah saya memiliki kelainan pada saluran pencernaan yang menurut penelitian dokter-dokter : pada bagian katup lambung yang berada pada bagian pintu masuk makanan menuju lambung, katup tersebut sering kali tertutup sehingga makanan yang di makan tidak bisa masuk ke lambung. Tindakan/operasi seperti apa saja yg bisa dilakukan untuk menanganinya? Adakah alat seperti pipa yg bisa di pasang pada katup tsb, tanpa harus bedah tulang rusuk? Atau hal lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FF,

Kelainan saluran pencernaan adalah gangguan yang bisa timbul baik karena gangguan anatomi saluran pencernaan tubuh sejak lahir, iritasi karena makanan ataupun zat iritan lainnya seperti asam lambung, ataupun bisa disebabkan oleh penyebab lain.

Ketika ada gangguan katup lambung atau penyempitan seperti disebut dengan stenosis maka perlu dilakukan penanganan baik dengan pemberian obat ataupun tindakan operatif. Beberapa pemeriksaan perlu dilakukan salah satunya dengan endoskopi atau menggunakan selang berkamera ataupun pemeriksaan radiologi menggunakan kontras untuk melihat proses saat menelan apakah ada penyempitan ataupun gangguan katup.

Tindakan operatif sendiri bisa dilakukan dengan memotong bagian otot yang menebal sehingga saluran bisa lebih terbuka. Tetapi untuk detilnya perlu disesuaikan dengan kondisi yang dialami oleh ayah Anda. Untuk itu baiknya konsultasikan pada dokter bedah konsultan bedah digestif untuk penanganan lebih lanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan BAB dan menahan kentut akan memberikan dampak bagi kesehatan, misalnya menyebabkan feses menjadi keras dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman

Ini Alasan Kenapa Menahan BAB atau Menahan Kentut Tidak Disarankan

Kebiasaan menahan BAB dapat menyebabkan konstipasi hingga hilangnya kemampuan otot rektum untuk merasakan sensasi ingin BAB.