Kelainan otot jantung dan gagal jantung apakah bisa sembuh?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, Ibu saya berumur 46 tahun dan sebelumnya ibu saya memang memiliki gangguan fungsi otot jantung. Kemudian beberapa hari belakangan ini, ibu saya mengeluh sering sesak nafas dan juga dadanya sakit. Apakah ini bisa menjadi tanda dari gagal jantung dok? Apakah ada cara untuk menyembuhkan gagal jantung dok? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Kardiomiopati adalah kelainan pada otot jantung yang tidak disertai dengan adanya hipertensi, kelainan pada katup jantung maupun sumbatan pada pembuluh darah jantung. Kardiomiopati ini bisa disebabkan oleh kegemukan, diabetes, gangguan irama jantung, kehamilan, infeksi pada otot jantung, dll.

Kardiomiopati dapat dibedakan menjadi :
  1. Dilated cardiomyopathy. Pada kondisi ini akan ditemukan otot pada ventrikel kiri mengalami pembesaran namun tidak bisa memompa darah secara maksimal, sehingga lama kelamaan jantung akan semakin payah dan menimbulkan gagal jantung.
  2. Restrictive cardiomyopathy.
  3. Hypertrophic cardiomyopathy.
  4. Arrhythmogenic right ventricular cardiomyopathy.
Kerusakan pada otot jantung atau pembuluh darah jantung akan bersifat menetap dan tidak bisa diperbaiki kembali seperti semula, yang bisa dilakukan hanya mencegah agar kerusakan tidak semakin parah dengan cara :
  1. Kurangi asupan garam.
  2. Olahraga 30 menit setiap hari.
  3. Hindari makanan berlemak dan gorengan.
  4. Hindari konsumsi alkohol, kopi, minuman bersoda.
  5. Jaga berat badan seideal mungkin.

Bila sudah muncul keluhan sesak napas, nyeri dada, segera lakukan konsultasi ke dokter jantung untuk pemeriksaan lebih lanjut berupa rekam jantung, foto rontgen dada, atau echocardiografi.

Salam sehat,

dr. Vina

SB
19 Nov 2019, 17:28
bagus
L
20 Nov 2019, 11:36
Sangat informatif, terima kasih dokter.
YG
21 Nov 2019, 09:31
dok boleh ngk kopi di mix dgn lada

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Teknologi untuk terapi gagal jantung pertama adalah monitor yang bisa diimplan ke dalam pembuluh darah

5 Terapi Terbaru untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Gagal Jantung

Penderita gagal jantung dapat memilih terapi dan perawatan yang bisa meningkatkan kualitas hidup mereka. Perkembangan dunia medis yang pesat memunculkan beberapa terapi baru untuk gagal jantung.