Pria memegang puting sendiri, apakah gangguan mental?

FR Info Penanya: FR, Pria, 14 Tahun
Dok, saya mau tanya. Kalo misalkan pria pegang putingnya sendiri itu kelainan ya? (Kalau dalam hal psikologi)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FR.

Puting adalah tonjolan kecil di bagian dada (tepatnya pada payudara), yang biasanya berwarna cokelat kehitaman. Pada wanita, fungsi utama puting adalah untuk menyalurkan air susu kepada bayi. Sedangkan pada pria, puting dapat berfungsi sebagai zona sensitif saat berhubungan seksual, atau untuk mendeteksi ada tidaknya kanker payudara.

Sedangkan gangguan mental atau kejiwaan sangat bervariasi jenisnya, di antaranya gangguan kepribadian, depresi, bipolar, fobia, dan lain-lain. Untuk menentukan seseorang memiliki gangguan kejiwaan atau tidak, perlu diketahui informasi yang lengkap.

Sebagai contoh, pada kasus Anda, perlu diketahui dulu kenapa Anda memegang puting sendiri. Apabila memegang puting untuk menggaruk karena gatal, merapikan posisi pakaian yang terlalu ketat, atau untuk merangsang diri sendiri saat sesekali melakukan onani, maka hal ini masih wajar. Tetapi, jika Anda terobsesi dengan puting sendiri dan setiap menit memegangnya, maka hal tersebut baru tidak normal.

Untuk memastikan, perlu dilakukan tanya jawab yang cukup mendalam. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada psikolog atau dokter spesialis jiwa. Apabila ternyata benar gangguan kejiwaan, Anda mungkin akan mendapat konseling, psikoterapi, ataupun obat-obatan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Polyglot adalah istilah dari mereka yang menguasai lebih dari 5 bahasa

Polyglot Adalah Orang yang Menguasai Banyak Bahasa, Ternyata Begini Cara Kerja Otak Mereka

Polyglot adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk berbicara, menulis, membaca dalam 5 bahasa atau lebih. Hal ini tentunya menarik perhatian kita mengenai rahasia mereka dapat mempelajari banyak bahasa. Ternyata rahasianya adalah area otak yang berhubungan dengan bahasa disebut Broca, cenderung unik pada polyglot atau orang yang menguasai banyak bahasa.