12 Sep 2021, 20:29Penyakit Lainnya

Dorongan untuk menyakiti orang lain, apakah ini wajar?

F
Info Penanya: F0
dok, saya ingin bertanya mengapa saat saya melihat sesuatu yang lebih lemah dari saya dan menyebalkan langsung timbul seketika rasa ingin menyakiti. saya tau saya salah tapi seolah ada yang menyuruh saya untuk melakukan hal itu lagi.
47 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, FTerima kasih atas pertanyaan AndaMenyakiti orang lain baik secara lisan ataupun perbuatan, seperti contohnya tindakan bullying sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan kita mempunyai musuh dan hidup menjadi tidak tenang. Munculnya dorongan ataupun keinginan untuk menyakiti orang lain terlebih yang lebih lemah dibandingkan kita merupakan kondisi yang tidak wajar / tidak normal. Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, munculnya hasrat dan dorongan untuk menyakiti orang lain yang terjadi pada Anda bsia terjadi karena beberapa penyebab. Apabila keluhan ini disertai dengan keluhan penyerta lain, misalnya Anda merasakan adanya bisikan atau suara yang memeriintah Anda untuk melakukan tindakan menyakiti orang lain dan lain sebagainya maka Anda perlu melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis jiwa baik secara online, ataupun melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis jiwa terdekat. Karena, kondisi yang terjadi pada Anda ini bisa disebabkan oleh adanya masaah psikologis atau kejiwaan.

Berikut ini adalah beberapa cara sementara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan hasrat ingin menyakiti orang lain:

  • Berusaha untuk berpikiran positif
  • Bercerita kepada orang terdekat bila sedang ada masalah
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Hindari menyendiri
  • Melakukan hobi
  • Berusaha meredam emosi
Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
masalah kejiwaanbullyinggangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil