Sering kejang di usia 6 tahun, apakah epilepsi?

GG Info Penanya: GG, Wanita, 37 Tahun
Slmt mlm dokter mav sy inge mau nanya soal anak sy yg masih kejang d umur 6 thn,kejang tiap bangun pagi tp ga tiap hari dok dengan rentan waktu yg ga tertentu,saat kejang bdn'a ga panas dok,yg sy tanyakan pa itu epilepsi dok mohon info'a makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, GG.

Epilepsi adalah kondisi yang terjadi apabila aktivitas listrik dan zat kimia pada otak tidak normal, yang pada akhirnya menyebabkan gangguan sistem saraf. Saat sistem saraf terganggu, tubuh akan mengalami kejang, yaitu gerakan berulang yang tidak terkendali, biasanya pada lengan dan tungkai. Kondisi ini bisa berlangsung beberapa detik hingga hitungan menit. 

Sebenarnya, epilepsi bisa dialami oleh usia berapa saja. Akan tetapi, biasanya gejala epilepsi dimulai pada usia anak atau lansia. Oleh karena itu, mengenai kondisi anak berusia 6 tahun yang Anda sampaikan sering mengalami kejang, bukan tidak mungkin itu adalah epilepsi, ya.

Jadi, ada baiknya Anda segera memeriksakan kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya EEG (rekam gelombang otak). Hasil pemeriksaan akan dievaluasi, dan diberikan penanganan yang sesuai, baik obat-obatan atau edukasi terkait pola makan.

Hindari untuk membiarkan kondisi anak Anda tanpa penanganan secara berlarut-larut, apalagi ketika kondisi ini sudah berlangsung setiap bangun pagi. Apabila dibiarkan, dikhawatirkan akan ada komplikasi yang tidak diinginkan, misalnya penurunan kesadaran sampai kerusakan otak permanen. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab kejang pada lansia bisa beragam, namun yang paling umum berkaitan dengan stroke

Stroke, Penyebab Kejang paling Umum pada Lansia

Stroke adalah salah satu penyebab kejang pada lansia. Cedera otak karena stroke dapat memengaruhi aktivitas listrik di otak sehingga menyebabkan kejang.