Kenapa kejang dan hilang kesadaran?

Y Info Penanya: Y, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok, saya ingin bertanya kenapa pada pasien yang mengalami kejang, saat kejang dan setelah ia kejang bisa terjadi hilangnya kesadaran? terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Y,

Kejang merupakan gerakan berulang yang tidak disadari dan disertai dengan penurunan kesadaran, mulut berbusa, hingga bisa terjadi muntah yang sangat berbahaya bila cairan muntah masuk ke dalam paru-paru.

Kejang merupakan salah satu kegawatan karena bisa menyebabkan kematian bila tidak segera ditangani, dan bisa menimbulkan kecacatan pada otak bila kejang berlangsung dalam waktu lama.

Beberapa penyebab kejang adalah :

  1. Kejang demam. Sering menyerang balita saat demam sangat tinggi.
  2. Meningitis. Peradangan pada selaput otak yang sering didahului dengan keluhan sakit kepala.
  3. Epilepsi.

Ketika kejang terjadi gangguan di otak yang menyebabkan otak kekurangan oksigen, dan akan membuat otak tidak bisa bekerja dengan baik, sehingga terjadi penurunan kesadaran dan penderita kejang tidak ingat apa yang sedang dialaminya.

Penanganan awal ketika ada orang yang kejang adalah segera membaringkan dan memiringkan ke arah kanan, hindari memberikan minum, ganjal mulut menggunakan handuk, dan segera bawa ke RS terdekat agar segera ditangani.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh IS
01 Mar 2020, 01:39
Epilepsi kynya hilang kesadaran ga lama spt ga kenal org ya?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.