Keinginan untuk melukai diri sendiri sampai berdarah, apakah termasuk depresi?

TI Info Penanya: TI, Wanita, 19 Tahun
Dok, saya ingin bertanya, jika dada saya sesak atau tertekan batin dengan adanya masalah masalah yang terus bermunculan membuat saya sedih dan melampiasakannya semua pada badan saya seperti menyayat tangan sendiri sampai berdarah darah, menjatuhkan diri dari motor yang membuat saya berdarah atau semacamnya. tapi setelah saya melihat dara yang mengalir baru lah bisa saya mengontrol semuanya, maksudnya kayak tenang lagi gitu. jadi apa itu juga bisa disebut depresi? gangguan jiwa? atau stress dan lainnya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, TI

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Perasaan sesak dan tekanan batin anda telah menumpuk hingga anda berkeinginan menyakiti diri sendiri. Anda sudah mengalami depresi berat dengan suicidal tendencies. Sudah waktunya anda meminta tolong Dokter untuk terapi lebih lanjut dengan obat-obatan atau psikoterapi.

Buka diri anda kembali ke keluarga, tetangga, teman dekat. Cari teman mengobrol untuk membantu anda melewati masalah anda. Karena kita semua pasti mengalami tantangan hidup, seperti patah hati, hilang pekerjaan, meninggalnya seseorang namun anda harus bisa mengatasinya. Pada awal depresi anda bisa mencoba aktivitas yang menenangkan diri anda. Kalau saya lebih suka misalnya yoga dan membaca buku. Mungkin anda bisa olahraga atau berlibur sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Sayangi diri anda terlebih dahulu, dan nanti akan ada yang menyayangi anda juga.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi adalah gangguan mental yang menjadi penyebab kecacatan tertinggi kedua setelah HIV/AIDS

Penyebab Depresi dan Perbedaannya Berdasarkan Jenis Kelamin

Penyebab depresi cukup berbeda di antara wanita dan pria. Dalam penyebab depresi pada wanita, depresi dapat dipengaruhi oleh faktor biologis, ekspektasi sosial, dan lain-lain. Sementara dalam penyebab depresi pada pria dipengaruhi oleh penggunaan obat terlarang, kekerasan seksual sewaktu kecil, dan lain-lain.