05 Oct 2021, 11:18Psikologi

Keinginan bunuh diri atau menyakiti diri sendiri

LN
Info Penanya: LN0
Hallo dok, saya merasa keinginan untuk mengakhiri diri saya sendiri, dan saya sangat suka dan candu menyakiti diri sendiri, saya menyayat tangan berulang kali jika tidak di lakukan maka akan ada yang kurang rasanya, saya membenturkan kepala sendiri, memukul kepala ketika saya merasa emosi dan sedih. Saya berfikir di hidup saya tidak ada yang menyayangi atau peduli pada saya. Saya sudah sangat cape jika harus tetap lanjut, saya selalu menjadi bahan Bullyan sejak saya kecil.
128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo L,Keinginan untuk menyakiti diri maupun mengakhiri hidup adalah salah satu gejala depresi yang sudah berat. Hal ini umumnya terjadi karena ada masalah, emosi yang dipendap, maupun sedih yang berlarut-larut hingga sudah lebih dari 2minggu sehingga mempengaruhi kondisi psikologis atau kesehatan mental Anda. Depresi dapat dialami oleh setiap orang dan hal ini memerlukan penanganan yang baik sebelum terlambat.

Ingin menyakiti diri dan gejala depresi

Selain keluhan menyakiti diri sendiri atau self harm dan berpikir ingin mati, terdapat banyak gejala depresi lain, beberapa diantaranya mungkin sudah pernah Anda rasakan dari sebelum muncul keinginan menyakiti diri. Gejala tersebut adalah
  • kekurangan minat beraktifitas
  • mudah putus asa, suka menyendiri dan menutup diri
  • gangguan pola makan dan pola tidur
  • murung dan sedih terus menerus
  • konsentrasi menurun dan tidak fokus menyelesaikan tugas
Sebaiknya atasi keluhan dengan mengubah pola pikir kearah yang positif, lakukan kegiatan yang dapat membuang energi negatif dalam tubuh misalnya olahraga, dan lakukan konsultasi ke psikiater agar diberikan obat dan juga konseling agar dapat keluar dari kondisi Anda saat ini.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
mengatasi depresidepresipenyebab depresi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil