kehausan terus menerus pasca demam dan diare

IA Info Penanya: IA, Pria, 2019 Tahun
2 hari yang lalu saya bangun malam malam, perut kram, demam, sama pusing, besoknya Pusing, perut kram dan demamnya sembuh tetapi saya mencret terus menerus, saya minum obat diare aja 2, besoknya diare hilang tapi saya kehausan terus menerus saya kenapa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IA

Kondisi kehausan terjadi sebagai efek kehilangan cairan atau dehidrasi, sebelumnya anda mengelami demam dan diare. Saat demam suhu tubuh meningkat sebagai upaya melawan infeksi di ikuti dengan meningkatnya metabolisme tubuh, keadaan ini membuat cairan tubuh cepat berkurang. Selain itu anda juga mengalami diare yang membuat cairan tubuh hilang dari feses. Kedua kedaan tersebut memicu cairan tubuh berkurang dan anda jadi dehidrasi. 

Sebagai upaya untuk memenuhi cairan tubuh yang hilang maka anda akan merasa haus dan meminum air putih menjadi salah satu cara. Untuk itu selama atau pasca demam diare di haruskan perbanyak minum air agar tidak tidak dehidrasi 

Salam sehat

dr.Zulham 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kontaminasi bakteri pada makanan atau minuman bisa menyebabkan diare pada anak

Cara Cepat Menangani Diare pada Anak dan Pencegahannya

dr. Wiendra menyatakan bahwa diare berada di urutan ketiga yang menyebabkan kematian pada anak setelah tuberkulosis dan penyakit hati. Diare sebenarnya merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan bakteri-bakteri dari dalam tubuh yang menyebabkan feses menjadi cair (mencret).