10 Aug 2021, 07:38Kandungan

Kehamilan apakah mungkin terjadi jika sudah haid setelah hubungan sebelumnya?

JA
Info Penanya: JA0
Dok jika seseorang melakukan hubungan lalu dia haid dan sudah tidak lama berhubungan , berhubungan terakhir itu seblm haid apakah adakemungkinan hamil?
97 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo J,Melakukan hubungan seksual pada saat wanita sedang dalam masa subur memiliki peluang yang tinggi untuk dapat terjadi kehamilan. Sel sperma pria umumnya dapat bertahan dalam rahin selama 2-3hari dan kemudian membuahi sel telur hingga menyebabkan kehamilan. Selain cairan mani, terdapat juga cairan pra ejakulasi atau pelumas, yang mengandung sperma dan jika masuk ke dalam vagina, maka tetap dapat menyebabkan kehamilan. 

Tidak hamil jika tidak ada riwayat hubungan seksual

Jika setelah hubungan seksual tersebut pasangan wanita sudah mengalami haid, artinya sudah tidak terjadi pembuahan dari hubungan seksual sebelumnya. Artinya jika 1bulan setelah haid tersebut Anda sama sekali tidak melakukan hubungan seksual namun haid terlambat, terlambatnya haid tidak disebabkan oleh kehamilan.Tes kehamilan perlu dilakukan jika anda mengalami terlambat haid dan ada riwayat hubungan seksual sebelum haid terjadi. Namun hubungan seksual yang sudah terjadi sebelum haid dibulan lalu sudah tidak ada lagi kaitannya haid bulan ini. Karena selain sudah beda siklus, spermanya pun pasti sudah tidak ada dalam rahim. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika dalam 90hari Anda tidak haid namun juga tidak hamil, yang artinya kemungkinan terdapat masalah pada organ kandungan Anda.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil