Belum juga menstruasi pasca berhubungan, apa mungkin hamil ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Halo dok saya ingin bertanya saya menstruasi tanggal 8 atau 9 dan saya berhubungan dengan pasangan saya tanggal 1juli sperma di keluarkan diluar dan sekarang saya belum juga menstruasi apa kemungkinan itu bisa hamil? Bagaimana pejelasanya dok ?mohon di bantun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R.

Belum juga menstruasi merupakan keluhan yang mungkin disebabkan oleh berbagai faktor yang berhubungan dengan keadaan hormon pengatur siklus haid. Umumnya terjadi ketidakseimbangan pada hormon-hormon tersebut yang kemudian berdampak pada gangguan menstruasi. Salah satu keadaan yang dapat mempengaruhi hormon pengatur siklus haid adalah kondisi kehamilan. Namun hal ini tidaklah mutlak karena masih banyak faktor dan kondisi medis lainnya yang juga dapat berpengaruh.

Beberapa faktor dan kondisi medis tersebut antara lainnya ialah :

  • kelelahan
  • stres
  • pola makan tidak sehat
  • kurang berolah raga atau dalam program olahraga ketat seperti atlet
  • berat badan berlebih atau terlalu kurang
  • konsumsi dan penggunaan obat tertentu
  • penyakit tertentu 

Mengenai menstruasi yang belum juga datang pada Anda dengan adanya riwayat berhubungan seksual, untuk memastikan apakah disebabkan oleh kehamilan atau tidaknya perlu dideteksi dengan pemeriksaan test pack. Pemeriksan tersebut dapat dilakukan saat ini dan seminggu kemudian jika haid masih belum datang, agar hasilnya lebih akurat. Pada dasarnya pengeluaran sperma atau ejakulasi yang di luar vagina tidak dapat sepenuhnya mencegah kehamilan, karena terdapat cairan pra-ejakulasi yang dapat mengandung sperma dan pengeluarannya tidak disadari.

Jika setelah melakukan test pack hasilnya negatif maka mungkin faktor penyebabnya bukan kehamilan, melainkan salah satu faktor yang dipaparkan di atas. Apabila menstruasi masih tidak kunjung datang sampai 2 siklus atau lebih, periksakanlah secara langsung pada dokter Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Tidak dapat diprediksi kapan akan datang, cara aman untuk mempercepat menstruasi adalah dengan minum pil KB atau vitamin c, berolahraga, atau kompres air hangat.