Apa saja tanda-tanda dari kehamilan?

DK Info Penanya: DK
Saya baru saja tes urin hasilnya + hanya saja saya blum priksaYang saya rasakan skrng saya jarang mual dan jarang mengalami morning scintDulu saya pernah mengalami keguguran d usia kehamilan 11minggu dikarenakan kata dokter janin saya g ada dtak jantungnya jd harus dikuret.Dengan riwayat seperti itu saya jd agak was2 dengan kehamilan sayaPertnnyaannya:1.klo saya awal menstruasi pertama tgl 6januari2020 brp usia kandungan saya sekarang?2.apakah wajar yg saya alami klo saya jrng mual?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DK,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan merupakan suatu kondisi dimana terjadi pembuahan antara sperma dan sel telur. Gejala yang dirasakan pada awal kehamilan hampir mirip dengan menstruasi seperti suasana hati yang berubah-ubah, mual dan muntah, perut kram dan perdarahan, siklus haid menjadi terhenti, sering buang air kecil, perubahan payudara, sering sakit kepala, mengalami konstipasi atau sembelit.

Namun untuk memastikan Anda mengalami kehamilan, Anda harus melakukan beberapa test seperti test pack dan USG ke dokter kandungan. Jika Anda sudah hamil sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 1 kali tiap trimester, selalu menjaga kesehatan (makan sayur dan buah setiap hari) dan menjaga kebersihan, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi tambahan zat besi, istirahat yang cukup dan beraktifitas jangan terlalu berat. Dilihat dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir Anda usia kehamilan Anda masuk di usia 7 minggu). Masih wajar jika Anda mengalami mual-mual saat kehamilan awal. Yang perlu diwaspadai jika mual muntah Anda berlangsung terus menerus sehingga membuat Anda lemas dan pusing segeralah untuk ke IGD.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AD
21 Feb 2020, 09:46
Assalammu'alaikum,,, selamat pagi dokter saat q periksa ke dokter kandungan hari senin kemarin hasil usg positif hamil 4 minggu dan ngeluarin flek, saya udah dikasih obat penguat tp sampai sekarang masih keluar flek dan kadang saat pipis keluar merah segar. Aoa saya masih hamil atau udah keguguran dok,, sialnya perut tidak merasakan sakit sama sekali. Untuk kembali periksa minggu depan. Makasih banyak sebelumnya, wassalamu'alaikum
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan sambal saat hamil tidak berbahaya bagi janin jika porsinya sedikit

Bolehkah Makan Sambal Saat Hamil?

Meskipun aman, makan sambal saat hamil adalah hal yang perlu menjadi perhatian ibu hamil. Pasalnya, hal ini lebih memengaruhi sang ibu daripada bayi yang dikandungnya.