Ciri-ciri kehamilan trimester pertama

PL Info Penanya: PL, Wanita, 33 Tahun
Halo dok,saya mau tanya soal kehamilan saya,Terakhir haid saya sekitar tgl belasan bln Des2019 ,tapi saya lupa pastinya tgl brp saya haid, bulan Jan2020 sekitar tgl belasan saya ada tanda seperti mau haid ,,puting payudara sakit ,ada setitik flek warna putih kecoklatan , tapi hingga akhir Januari tak kunjung haid , tgl 1 Feb saya ke klinik untuk periksa ternyata di tespack positif garis 2 ,lalu saya lakukan USG perut&USG vagina terlihat kantung janin&air ketuban,embrio tdk terlihat,normal kah ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan trimester pertama terjadi di minggu pertama hingga minggu ke 12. Jika dilihat dari gejala menstruasi Anda, kemungkinan kehamilan Anda ini sudah memasuki usia 5-6 minggu. Tapi, untuk lebih pastinya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu hari pertama haid terakhir Anda.

Perkembangan bayi di trimester pertama terdiri dari beberapa proses, yaitu:

  • Minggu ke 1-4: baru terjadi tahap fertilisasi dan implantasi di dinding rahim yang ditandai dengan munculnya flek-flek dari vagina, perut mules dan kram.
  • Minggu ke 5: akan terjadi peningkatan kadar hormon HCG. Ini yang terdeteksi pada testpack.
  • Minggu ke 6: mulai berkembang punggung bayi, jantung, dan juga organ yang lain. Pada USG, akan terleihat kantung janin tapi janin belum terlihat jelas. Masih berupa titik.
  • Minggu ke 7: kepala bayi sudah mulai berkembang.
  • Minggu ke 8: akan terbentuk hidung bayi.
  • Minggu ke 9: jari-jari kaki bayi mulai muncul.
  • Minggu ke 10: siku mulai dapat menekuk.
  • Minggu ke 11: alat kelamin bayi berkembang tapi belum tampang jelas di USG.
  • Minggu ke 12: kuku mulai terbentuk.

Pada keadaan Anda ini, mungkin yang dimaksud dengan embrio tidak ada adalah embrio belum terlihat jelas pada USG. Masih berupa titik saja. Itu pun dengan pembesaran USG. Jadi, masih dalam batas wajar kondisi kehamilan Anda ini. Saya sarankan 3-4 minggu lagi untuk kontrol ke dokter kandungan agar dapat dilakukan USG ulang untuk melihat perkembangan janin Anda sudah sampai sejauh mana. Lalu, jaga kesehatan Anda, makan makanan yang bergizi, jangan terlalu banyak aktivitas yang berat, dan minum vitamin yang diberikan oleh dokter kandungan secara rutin.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

pantau air ketuban selama kehamilan

Perut Membesar Signifikan Saat Hamil, Bisa Jadi Tanda Kelebihan Air Ketuban

Kelebihan air ketuban pada masa kehamilan dapat memengaruhi perkembangan janin dan menyebabkan risiko komplikasi. Meski tidak membahayakan selalu pantau kondisi kehamilan dan air ketuban Anda. Biasanya, kelebihan cairan ketuban terjadi pada trimester kedua kehamilan.