Apa saja jenis-jenis dari abortus?

ZA Info Penanya: ZA, Wanita, 21 Tahun
Dok saya sudah tespek berkali-kali positif, dan udh dua kali ada penebalan rahim, tapi saya keluar darah berupa gumpalan, apakah saya wajib kuret atau tidak? Karena saat ini rumah sakit didaerah saya sedang penuh karna covid, lantas kapan waktu yang tepat untuk saya berhubungan dengan suami lagi? Karena kami sudah sangat mendambakan momongan, mohon arahan dan solusinya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, ZA

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan memang diinginkan hampir setiap pasangan suami istri. Tanda pasti dari kehamilan selain dilakukan tes kehamilan adalah dengan pemeriksaan fisik diagnostik yang dilakukan oleh dokter, selain itu perlu dilakukan tindakan USG kehamilan untuk melihat kondisi rahim dan juga janin.

Berdasarkan jenisnya abortus secara medis terdiri dari beberpa jenis yaitu:

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, perlu dilakukan tes kehamilan ulang untuk memastikan apakah Anda benar-benar terjadi abortus (keguguran) atau tidak, terkadang memang hasil positif pada tes kehamilan masih muncul walaupun sudah terjadi abortus. Selain itu, jika memang hasilnya positif sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang sepert USG kehamilan untuk mengetahui diagnosis dari jenis abortusnya.

Sehingga dokter dapat menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan seperti perlunya tindakan kuret ataupun tidak. Terkait dengan kapan bisa melakukan hubungan seksual, perlu dipastikan sebaiknya tidak dilakukan saat Anda mengeluarkan darah dari jalan lahir / vagina.

Pastikan untuk tetap makan sayur dan buah-buahan, juga makanan dengan gizi yang seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, dan juga lakukan istirahat dengan cukup. Hindari stres dan juga kelelahan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh ZA
03 Jun 2020, 01:01
Maksudnya sudah usg dilihat ada penebalan rahim, apa saya wajib kuret dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 Jun 2020, 10:46
Selamat siang ZA,
Hasil tes pack positif bisa karena hamil normal, hamil anggur, hamil di luar kandungan. Bila kehamilan Anda tidak bisa dipertahankan atau tidak normal maka akan diberi obat untuk meluruhkan lapisan rahim atau tindakan kuret tergantung hasil USG nya.
Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk penanganan terbaik.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi terhadap rahim

Mengenal Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Bahaya aborsi perlu diketahui agar Anda mempertimbangkan keputusan ini. Mulai dari infeksi rahim hingga depresi dapat terjadi setelah Anda melakukan aborsi.