Kenapa tidak tampak janin pada USG?

DA Info Penanya: DA
Siang dok, saya devi wanita usia 27th. Saya mau tanya dok pd tgl 16 saya test kehamilan hasilnya positif tetapi pd tgl 17 sampai tgl 25 saya haid dan d tgl 26 saya keluar sperti gumpalan darah sebesar jempol tangan setelah itu saya tidak mengeluarkan darah lg. D tanggal 25 saya sudah usg dan d rahim belum nampak calon anak. Tetapi d tes selalu positif bhkan d tgl 27 saya tes masih hasilnya positif. Bagaimana yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Kehamilan ditentukan dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) haid Anda sebagai patokan berapa usia kehamilan Anda. Idealnya tes pack dilakukan setelah 1 minggu terlambat haid, dan bila hasilnya samar namun ada tanda-tanda hamil seperti lemas, mual, muntah maka pemeriksaan bisa diulang jarak 1 minggu setelah pemeriksaan yang pertama.

Perihal kondisi tes pack yang positif namun belum tampak janin pada USG bisa disebabkan oleh:

  • Test pack tidak benar-benar positif. Hal ini bisa terjadi kesalahan test pack seolah-olah positif bila Anda membiarkan tes pack terlalu lama baru membaca hasilnya. Normalnya tes pack dibaca setelah didiamkan selama 5 menit atau sesuai dengan petunjuk yang ada di borsurnya. Bila Anda membacanya terlalu lama maka urin akan menguap dan memberikan kesan 2 garis.
  • Anda salah mengartikan 2 garis tes pack. Test pack dikatakan benar positif bila tampak 2 garis dengan warna yang sama, bukan 1 garis tegas dan 1 garis samar.
  • USG dilakukan terlalu cepat sehingga janin belum tampak. Paling cepat janin dapat terlihat pada USG ketika usia kehamilan 5 minggu, rata-rata sekitar 8-12 minggu.
  • Anda hamil namun mengalami keguguran karena sudah mengeluarkan darah banyak dan ada gumpalan. Hasil test pack akan kembali negatif sekitar 3-4 minggu kemudian, karena hormon kehamilan tidak bisa langsung menghilang.

Sebaiknya lakukan tes pack ulang jarak 2-3 minggu lagi atau USG ulang ke dokter kandungan untuk lebih pastinya. Karena hasil USG lebih bisa dipercaya daripada hasil tes pack. Selama menunggu hasil tes ulang, perbanyak istirahat dan jangan stres.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghindari konsumsi junk food dapat membantu mempercepat proses pemulihan pasca kuret

Ingin Cepat Hamil Pasca Kuret? Hindari Mengonsumsi Makanan Pantangan Ini

Agar cepat hamil, pantangan pasca kuret yang harus dilakukan adalah menghindari makanan-makanan seperti junk food, daging, makanan manis dan tinggi karbohidrat.