04 Nov 2020, 23:26Kandungan

Apakah berhubungan setelah haid bisa hamil?

YC
Info Penanya: YC0
Permisi dok. Mau nanya apakah wanita bisa hamil ketika melakukan hubungan bandan setelah haid selesai atau 2 hari setelahnya karna istri saya datang haid 2 kli dalam sebulan apakah bisa hamil?
261 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, YCTerima kasih atas pertanyaannya.Haid pada wanita terjadi pada siklus 28 hari sekali namun ada pula yang 21-35 hari sekali.  Apabila haid tidak sesuai dengan perhitungan tersebut maka ada gangguan pada siklus haid.  Hal ini terjadi karena hormon yang tidak seimbang atau adanya penyakit yang mendasari.  Sedangkan kehamilan terjadi karena adanya sel sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi menempel dan masuk ke dalam rahim wanita.  Selanjutnya sel sperma bertemu dengan sel telur yang telah matang sehingga terjadilah pembuahan.  Pembuahan ini akan berlanjut dengan perlekatan sel telur pada dinding rahim untuk selanjutnya berkembang menjadi janin.Perihal yang anda tanyakan, pada wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur dapat mungkin terjadi ovulasi dini.  Ovulasi merupakan pelepasan sel telur yang merupakan tanda masa subur pada wanita. Apabila setelah haid merupakan masa subur dari istri anda maka ada kemungkinan untuk hamil. 

Tanda-tanda kehamilan :

  • Terlambat haid.
  • Payudara menjadi lebih sensitif.
  • Mual, muntah.
  • Kram perut atau nyeri punggung.
  • Lebih sering buang air kecil.
  • Perubahan suasan hati.
Istri dapat lakukan testpack 7-10 hari dari hari seharusnya istri haid jika ada keterlambatan.  Apabila hasil samar dapat diulang 10 hari kemudian atau periksa ke dokter kandungan guna penanganan lanjutan.  Sementara ini batasi aktivitas istri terlalu berlebih, perbanyak minum air putih, perbanyak makanan bergizi, dan olahraga rutin.Semoga penjelasan in bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilanhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil