Apa penyebab adanya cairan bebas di belakang rahim?

ED Info Penanya: ED, Wanita, 1 Tahun
Dok saya posting hamil waktu tespek kata dokternya iya positif trs dikasih obat untuk ibu hamil tetapi di usg ada cairan bebas di belakang rahim itu kenapa dokMohon dibantu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ED,

Kehamilan adalah adanya sel telur yang dibuahi oleh sel sperma. Hal ini dapat ditandai dengan terdeteksinya peningkatan hormon beta HCG pada pemeriksaan awal dengan testpack dan pastinya menggunakan pemeriksaan USG.

Adanya cairan bebas pada rahim sendiri bisa merupakan hal normal jika jumlahnya tidak banyak ataupun bisa menandakan beberapa hal seperti akibat sel telur yang tidak terbuahi, adanya gangguan organ reproduksi seperti endometriosis, kehamilan ektopik ataupun gangguan kesehatan lain.

Untuk itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan ulang pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan dalam 2 minggu untuk memastikan kembali kondisi yang dialami. Apabila penumpukan cairan banyak juga bisa dilakukan pengambilan contoh sampel cairan untuk menilai apa penyebabnya.

Jika ada nyeri perut, demam, sesak, mual ataupun muntah perlu segera kembali untuk memeriksakan diri dan mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lebih sering buang air besar jelang melahirkan merupakan tanda-tanda akan melahirkan.

Siapkan Diri Anda Bila Alami Tanda-tanda Akan Melahirkan Ini

Sering buang air besar menjelang melahirkan merupakan salah satu tanda-tanda akan melahirkan. Selain itu, tanda-tanda lainnya berupa sakit punggung, pecah ketuban, dsb.