Bagaimana cara agar sperma tidak tumpah?

W Info Penanya: W, Wanita, 25 Tahun
dokter,saya ingin bertanya..bagaimana cara ny agar air mani tidak mudah tumpah??dan saat berhubungan suami saya menahan sbntr agar air masuk kdlm vagina..pertanyaan nyaada kah kemungkinan hamil bila sperma yg d keluarkan lama tertahan dlm vagina?trima ksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi W,

Sperma tumpah saat berhubungan adalah hal yang normal terutama jika volume sperma memang cukup banyak dan tidak semuanya akan masuk ke dalam rahim. Hal ini juga tidak mempengaruhi pada kemungkinan kehamilan karena sebenarnya hanya diperlukan 1 sel sperma untuk membuahi sel telur. Sperma juga memiliki kemampuan untuk bergerak aktif dan mampu bertahan di dalam rahim selama kurang lebih 72 jam. Jadi jika dalam 72 jam tersebut ada sel telur yang matang dan sperma mampu membuahi maka peluang hamil bisa terjadi.

Apa yang dilakukan sebenarnya sudah cukup baik, ketika berhubungan saat akan terjadi ejakulasi juga bisa memposisikan panggul agar sedikit lebih tinggi, bisa digunakan bantal untuk menyangga agar gravitasi bisa membantu sperma masuk ke rahim dan menahannya tidak tumpah dalam beberapa waktu. Perlu juga untuk tidak segera mencabut penis dari vagina setelah ejakulasi setidaknya 5 menit. Untuk wanita juga bisa tidak terburu-buru bangun dari tempat tidur dan membersihkan diri.

Jika cara tadi sudah dilakukan tetapi masih belum juga mendapat kehamilan, maka seperti dipertanyaan-pertanyaan sebelumnya ada baiknya untuk memeriksakan diri secara langsung. Agar diketahui apa permasalahannya dan dilakukan penagnanan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RM
10 Jan 2020, 12:46
Sperma yang tumpah berarti kualitas spermanya kurang bagus ya bunda. sperma tumpah dari miss V menandakan kalau sperma encer ini dapat menyebabkan gerakan sperma lambat shingga sulit mencapai sel telur, sperma yg bagus itu kental, tidak tumpah dan warnanya putih butir sperti mutiara bun. biasanya ini disebabkan krna faktor usia, perokok, kecapekan, ngopi sering begadang dll.wa 085784362025

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar hubungan seks senantiasa berkualitas, hindari kebiasaan merokok, begadang, atau terlalu sibuk bekerja

Hindari Kebiasaan Kecil yang Menganggu Kualitas Hubungan Seks Ini

Hubungan seks yang berkualitas dapat mengindikasikan kebahagiaan pernikahan. Namun, kualitas kehidupan seks tersebut dapat berkurang, jika Anda melakukan sejumlah kebiasaan, yang mungkin terlihat sepele. Kebiasaan tersebut berpotensi menurunkan gairah, bahkan meningkatkan risiko terhadap gangguan seksual tertentu.