Bagaimana cara menghitung masa subur wanita setelah haid?

W Info Penanya: W, Wanita, 25 Tahun
selamat siang dokter..saya ingin bertanyabagaimana cara mnghitung masa subur agar cepat mmpunyai keturunan??terima kasih ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang W,

Masa subur wanita adalah masa dimana terjadi ovulasi dan peluang untuk bisa hamil paling tinggi. Pada masa ini sel telur akan matang dan menjadi lebih mudah untuk dapat dibuahi oleh sel sperma. Hal ini penting agar bisa segera mendapatkan kehamilan.

Untuk mengetahui masa subur pada wanita bisa diketahui menggunakan beberapa cara seperti:
  • Menggunakan metode kalender, metode ini lebih mudah dilakukan jika memiliki siklus menstruasi yang teratur. Dimana masa subur datang sekitar 14 hari sebelum siklus menstruasi berikutnya. Jadi bisa melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum masa subur datang secara lebih intens selama 2-5 hari. Saat ini juga sudah ada berbagai aplikasi kalender fertilitas yang bisa membantu menentukan masa subur
  • Metode lain yang bisa digunakan adalah dengan mengukur suhu basal, yaitu suhu ketika bangun tidur sebelum turun dari tempat tidur. Pada masa subur bisa ada peningkatan suhu basal sekitar 0,3 derajat celcius. Tapi pemeriksaan ini tidak akurat dan menjadi lebih sulit karena bisa dipengaruhi beragam faktor seperti misalnya jika sedang mengalami infeksi
  • Menilai lendir serviks dimana pada masa subur akan timbul lendir yang lebih banyak dan lebih kental tetapi bening, berbeda dengan keputihan. 
  • Metode lain bisa dengan menggunakan alat pengukur ovulasi yang dijual bebas dimana metode ini menjadi lebih mudah digunakan

Jika mengalami masa menstruasi yang tidak teratur maka perlu diperhatikan apa pemicunya, karena siklus menstruasi yang kurang lancar bisa menandakan kesehatan reproduksi yang kurang baik. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.