Amankah mengonsumsi buah manggis saat hamil muda ?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 28 Tahun
Aman kah makan buah manggis saat hamil muda ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merukapan masa yang umumnya dinantikan oleh seorang wanita. Namun pada saat trimester pertama kehamilan atau yang sering disebut dengan hamil muda, dapat timbul berbagai permasalahan karena masa ini merupakan masa transisi dimana tubuh wanita akan berubah secara perlahan. Pada bulan-bulan awal kehamilan inilah perlu perhatian ekstra agar pertumbuhan awal janin tidak terganggu.

Terkait dengan pertumbuhan janin, diperlukan nutrisi yang baik agar pertumbuhan janin dapat optimal dan ibu hamil juga perlu untuk menghindari makanan yang dapat berdampak negatif bagi janin dan ibu hamil sendiri.

Terkait dengan pertanyaan Anda, tentang konsumsi buah manggis, walaupun manfaat dari buah hingga kulit manggis telah banyak diteliti dan terbukti berkhasiat bagi berbagai gangguan kesehatan dan penyakit, namun pada dasarnya belum cukup riset yang berfokus meneliti tentang keamanan konsumsi buah manggis pada kehamilan khususnya pada masa awal kehamilan. Terdapat berbagai kontroversi mengenai hal tersebut, sebagian mengatakan buah manggis aman untuk dikonsumsi dan bahkan memberikan dampak positif pada kehamilan, kendati demikian, sebelum mengonsumsi buah tersebut ada baiknya ada berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Kandungan Anda agar dapat disesuaikan dengan keadaan kehamilan Anda sehingga relatif lebih aman.

Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Gizi untuk keterangan yang lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan vegan dan vegetarian dapat dilihat dari produk hewani yang dimakan dan tak dimakannya.

Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Pola hidup vegetarian dan vegan telah dianut oleh masyarakat dunia sejak zaman dahulu kala, baik di Eropa maupun Asia. Hinggi kini, pola hidup yang populer itu tetap bertahan, bahkan penganutnya semakin berkembang. Seperti apa perbedaan vegan dan vegetarian?