Menempelkan sperma ke vagina, hamil atau tidak?

S Info Penanya: S
Dok, suami saya ejakulasi saat memakai celana dalam dan tidak sengaja memegang celana dalam bagian luarnya, setelah itu dia pegang vagina bagian luar saya namun diberi sedikit tekanan. Apa mungkin terjadi kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan adalah proses perkembangan janin di dalam rahim akibat pembuahan dari sel sperma dan sel ovum. Kehamilan dibagi dalam tiga trimester yaitu trimester pertama 0-12 minggu, trimester kedua 13-24 minggu, trimester ketiga 25-38 minggu. 

Kehamilan dapat dicapai dengan dua metode yaitu metode hubungan seksual dan metode teknologi reproduksi. Metode hubungan seksual sudah sering dilakukan oleh pasangan suami istri dimana penis dimasukan ke dalam vagina, dan saat terjadi ejakulasi, maka keluarlah sperma ke dalam vagina lalu sperma akan berenang menghampiri sel telur. Sedangkan metode teknologi reproduksi yaitu berupa inseminasi, pembuahan in vitro atau dikenal dengan bayi tabung, dan penggunaan obat-obatan untuk merangsang perkembangan sel indung telur. 

Tindakan yang suami Anda lakukan bukan merupakan tindakan petting. Jadi, kemungkinan Anda untuk hamil sangatlah kecil karena sperma tidak langsung masuk ke dalam lubang vagina. Tetapi untuk memastikannya, saya sarankan Anda untuk testpack satu minggu kemudian atau Anda bisa juga periksa ke dokter agar lebih pasti.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kemungkinan wanita hamil satu sampai dua hari saat haid hampir nol persen.

Mungkinkan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Ovulasi adalah proses ovarium melepaskan sel telur untuk pembuahan. Sepanjang siklus ovulasi, kemungkinan hamil satu sampai dua hari saat haid hampir nol persen.