04 Oct 2021, 08:44Kandungan

apakah nyeri payudara adalah tanda hamil?

RS
Info Penanya: RS0
Assalamualaikum,pak saya Mao nanya siklus haid BLN kemaren tgl 15 cmn dr kemaren saya itu nyeri payudara sebelah kanan itu tanda apa dokter terima kasih
110 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Keluhan nyeri payudara dapat terjadi karena pengaruh hormon dalam tubuh. Tanda kehamilan dapat mulai dirasakan jika sudah terjadi terlambat haid, payudara mengencang, hingga adanya mual dan muntah terutama pagi hari. 

Nyeri payudara karena hamil

Untuk memastikan adanya kehamilan, maka perlu dilakukan pemeriksaan test pack paling cepat 7-10hari setelah hubungan yang menyebabkan pembuahan atau ada pertemuan sel sperma pria dan sel telur wanita. Kemungkinan terjadinya pertemuan ini akan semakin tinggi bila anda berhubungan intim pada saat masa subur tanpa pengaman. Misalnya jika siklus Anda teratur 28hari, dan haid terakhir Anda adalah tanggal 15, maka Anda akan mengalami masa subur pada tanggal 28-2.Tanda kehamilan tidak dapat langsung dirasakan setelah hubungan seksual dilakukan, karena tanda ini merupakan bentuk dari peningkatan hormon dalam tubuh yang membutuhkan waktu kurang lebih 7-14hari hingga akhirnya menunjukkan gejala. Karena saat ini Anda pun belum mengalami terlambat haid, maka masih ada kemungkinan keluhan nyeri payudara terjadi sebagai tanda PMS atau perubahan hormon sebelum haid. Lakukan kompres hangat ke area nyeri dan periksaan ke dokter terdekat jika nyeri tidak membaik dalam 3hari kedepan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
menstruasipremenstrual syndrome (PMS)payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil