17 Sep 2021, 03:48Kandungan

Sudah lepas KB implan tapi haid tidak teratur

AM
Info Penanya: AM0
Hai dok, Saya mau tanya setelah saya buka KB implan saya mengalami menstruasi yg waktunya singkat Kaya misal nya biasa nya 5 hri atau smpe seminggu tpi ini cma 2 hri Dan setelah itu saya tidak menstruasi lg smpe sekarang sudah mau 2 bln Apakah itu masih pengaruh KB tersebut ya dok?
53 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Pagi AM,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.KB implan merupakan salah satu jenis KB pilihan masyarakat Indonesia. KB ini juga biasa disebut dengan KB susuk. Disebut demikian karena KB ini akan di tanam di lengan atas wanita. KB ini bisa bertahan hingga 3 tahun. KB ini mengandung hormonal sehingga bekerja dengan cara mencegah ovulasi sehingga tidak ada sel telur yang keluar, menipiskan dinding rahim, sehingga tidak ada sel telur yang berhasil menempel ke dinding rahim.

Beberapa efek samping KB Implan :

  • Haid menjadi tidak teratur, bisa haid sedikit, tidak haid atau haid banyak
  • Sering keluar flek di luar haid 
  • Berat badan bertambah
  • Mudah berjerawat
  • Gangguan mood
  • Dll
Efek samping KB Impan ini masih bisa bertahan di dalam tubuh rata-rata hingga 3-6 bulan. Masing-masing orang berbeda-beda dalam mengatasi efek KB yang muncul. Anda tidak perlu khawatir, namun jika efek samping yang di timbulkan dirasa menganggu, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan secara langsung atau lakukan konsultasi online chat ke dokter kandungan. Sementara Anda bisa lakukan istirahat cukup, makan makanan bergizi, cukupi kebutuhan air putih, olahraga teratur, dan management stres dengan baik.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil