16 Sep 2021, 04:37Kandungan

Setelah berhubungan lalu haid, kemudian test pack positif, apa penyebabnya ?

RK
Info Penanya: RK0
Dok saat itu saya berhubungan dengan pacar saya lalu besoknya dia mengalami haid,,lalu saat test pack kenapa positif hamil ya dok
402 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Berhubungan dengan pacar berisiko membuat pasangan Anda hamil. Jika pasangan Anda hamil, mau tidak mau, Anda harus bertanggung jawab karena sudah memberikan benih sperma yang menjadi bakal anak di dalam rahim pasangan Anda. Tidak hanya kehamilan, berhubungan dengan pacar dapat menularkan penyakit seksual.

Kenapa test pack positif setelah haid ?

Anda berhubungan dengan pacar lalu keesokkan harinya pasangan Anda mengalami haid. Kemudian test pack, hasil test pack positif hamil, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Pasangan Anda memang hamil. Perdarahan yang terjadi bukanlah haid melainkan perdarahan akibat gangguan hormonal maupun perdarahan pasca hubungan seksual.
  • Setelah pasangan Anda haid, Anda dan pasangan berhubungan kembali yang menyebabkan kehamilan.
  • Hasil pemeriksaan test pack salah dimana Anda yang terlalu lama saat membaca hasil, menggunakan urin terlalu sedikit atau terlalu banyak, melakukan pemeriksaan di sore atau malam hari, menggunakan sabun pembersih vagina dan melakukan hubungan intim sebelum periksa test pack.
Anda sebaiknya memastikan apakah benar positif hamil dengan melakukan test pack kembali. Beri jarak sekitar 1 minggu setelah pemeriksaan test pack sebelumnya. Jika hasil positif berarti memang pasangan Anda hamil, namun jika hasil negatif berati pasangan Anda tidak hamil. Anda bisa melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan jika ragu dengan hasil yang ada. Ingat hubungan intim hanya boleh dilakukan bagi pasangan yang sudah menikah. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilanhubungan seks beresikogangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil