01 Sep 2021, 15:31Kandungan

Apakah tidak hubungan intim selama kehamilan memiliki dampak buruk?

NI
Info Penanya: NI0
selamat sore dok.saya umur 19 th hamil 7 Minggu ,yg mau saya tanyakan adalah.apa dampak negatif atau apa ada bahayanya buat ibuhamil/bayinya jikalau selama hamil 9bulan tidak melakukan hubungan intim dengan suami?
70 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Hubungan intim saat kehamilan tidak menjadi suatu pantangan dan boleh saja dilakukan asalkan dilakukan dengan perlahan-lahan dan ibu hamil dapat merasakan kenyamanan dengan hubungan intim tersebut. Namun tidak melakukannya pun, tidak akan memberikan dampak negatif maupun efek buruk baik untuk ibu maupun janin.

Hubungan seksual saat hamil

Terkadang memang sebagian wanita takut untuk melakukan hubungan seksual saat hamil karena ditakutkan mengganggu janin. Namun jika hubungan dilakukan dengan didahului pemanasan atau foreplay dan dilakukan dalam posisi yang nyaman dan tidak menyebabkan perut ibu tertekan maka boleh saja suami istri tetap melakukan hubungan seksual selama kehamilan terjadi.Hubungan intim yang sehat saat hamil boleh dilakukan 1-2 kali dalam seminggu, namun jika setelah hubungan seksual atau saat hubungan tersebut justru terdapat kendala seperti nyeri pada perut bagian bawah artinya terjadi kontraksi rahim.  Selama kontraksi tidak menyebabkan keluarnya perdarahan, ibu hamil juga belum perlu melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Namun jika nyeri, sebaiknya tunda dulu hubungan intim selama beberapa hari dan perbanyak istirahat.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualkehamilantrimester pertama kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil