19 Aug 2021, 10:38Kandungan

Saat USG janin belum terlihat, apakah kehamilan kosong (bligted ovum) ?

RS
Info Penanya: RS0
Assalamualaikum wr wb Selamat pagi dokter saya izin bertanya dok saya kan udah telat haid 10 hari pas di tescpek hasilnya positif tapi yang satu masih samar trs saya usg tapi kok masih kosong ya dok apakah normal atau gimana dok. Terimakasih dokter Wassalamualaikum wr wb
129 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, R.Selamat pagi.Saat seorang perempuan telat haid dimana sudah melakukan hubungan intim dan tidak menggunakan alat kontrasepsi, maka penyebab telat haid yang mungkin terjadi adalah sebuah kehamilan. 

Apa yang menyebabkan hasil USG janin belum terlihat ?

Anda yang telat haid 10 hari, saat melakukan test pack hasilnya positif tapi garis masih samar, saat USG, janin belum terlihat, masih kosong, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Janin belum atau tidak berkembang (bligted ovum).
  • Kehamilan ektopik.
  • Anda mengalami keguguran (abortus).
  • USG terlalu awal.
Kantung janin dapat terlihat mulai dari usia kehamilan 4 hingga 6 minggu. Namun untuk melihat perkembangan janin termasuk detak jantung, Anda sebaiknya melakukan USG saat usia kehamilan diatas 8 minggu. Selain itu pemilihan USG secara transvaginal membuat janin lebih terlihat walau pemeriksaan sedikit terasa kurang nyaman.  Untuk itu, jangan cemas dengan hasil USG yang ada saat ini ya. Ulangi kembali USG di dokter kandungan untuk memastikan perkembangan janin Anda. Tetap sabar, semangat, konsumsi berbagai vitamin, istirahat cukup, perbanyak konsumsi buah, konsumsi sayur, cukup minum air putih, dan jalani kehamilan dengan hati yang bahagia.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
menjaga kehamilankehamilan ektopikusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil