19 Jul 2021, 17:30Kandungan

Apakah flek pasti disebabkan kehamilan?

AS
Info Penanya: AS0
Halo dok sya mw tnya bulan juni kemarin sya haid 2x, di tgl 13 smpai tgl 17 lalu tgl 29 sampai tgl 3 juli, nah prtanyaan sya tgl 16 juli sya keluar flek, dan apakah itu tanda2 hamil dok, sya coba tespex tp hasil nya negatif... mohon jawabannya dok terima kasih..
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Keluhan flek darah dari vagina adalah hal normal yang dialami wanita. Jika terjadi di luar masa haid, maka dapat merupakan tanda terjadinya gangguan hormon atau penyakit pada saluran reproduksi. Haid normal seharusnya terjadi dalam siklus 21-35hari, pada kasus Anda dari tanggal 13 ke tanggal 29 artinya Anda haid dengan siklus hanya 16hari. Untuk itu jika silklus terulang setelah tanggal 29, artinya Anda akan haid kembali ditanggal 15 dan adanya flek di tanggal 16 mungkin adalah tanda haid. 

Penyebab lain terjadinya flek darah di luar siklus mens

  • Bercak implantasi, atau tanda kehamilan
  • Luka saat berhubungan seksual
  • Kista
  • PCOS
  • Stres
  • Polip di liang vagina
  • Infeksi menular seksual
Apabila keluarnya darah menjadi lancar, artinya Anda sedang haid. Namun jika flek hanya terjadi dalam 2hari Anda dapat mengulagi tes pack dalam jarak 7hari setelah tes pertama. Selain itu jika flek terus terjadi lebih dari 2minggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidgangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil