17 Jun 2021, 08:23Kandungan

Test pack positif lalu negatif, apa artinya?

FR
Info Penanya: FR, Wanita0
Permisi .. Mau tanya ini kan kemarin saya di tespek hasilnya positif . Selanjutnya saya tespek lagi kenapa hasilnya negatif ya dok ? Di usg belum terlihat . Terus saya ke bidan di berikan obat asam folat sama vitamin gestiamin . Apakah bisa jika saya konsumsi bersamaan dengan profertil ? Terimakasih
38 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam FRKehamilan merupakan suatu kabar gembira bagi para pasangan yang sudah tidak sabar untuk memiliki momongan. Suatu kehamilan akan bisa terjadi jika ada pembuahan sel telur oleh sel sperma yang berhasil.

Alasan Test pack positif kemudian negatif

Saat terjadi kehamilan maka bisa dirasakan berbagai tanda kehamilan, salah satunya terlambat haid dan kemudian dilakukan test pack dan didapatkan hasil positif. Adanya test pack positif yang kemudian negatif bisa dikarenakan berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut seperti:
  • Alat test pack yang rusak atau kadaluarsa
  • Sensitivitas alat yang berbeda-beda
  • Penggunaan alat yang tidak sesuai petunjuk
  • Urin yang digunakan terlalu encer
  • Melakukan tes terlalu lama sebelumnya
  • Riwayat Keguguran atau kehamilan ektopik
Karena itu disarankan untuk menggunakan 2 test pack yang berbeda merek secara bersamaan sebagai perbandingan dan menggunakan urin pertama pagi hari serta membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu hingga jelas. Cara memastikan kehamilan lainnya adalah dengan pemeriksaan USG dengan ditemukannya janin di dalam kantung kehamilan. Namun hal ini baru bisa terdeteksi pada usia 8-11 minggu kehamilan. 

Jangan Sembarangan Konsumsi Obat Kesuburan 

Asam folat penting untuk dikonsumsi 3-6 bulan sebelum kehamilan dan selama kehamilan berlangsung utnuk mencegah cacat pada janin. Sedangkan Gestiamin berisikan berbagai multivitamin yang baik untuk kesehatan tubuh dan kandungan.Terkait Profertil, tidak disarankan untuk dikonsumsi tanpa anjuran dari dokter kandungan. Hal ini dikarenakan profertil merupakan obat yang mengandung hormonal untuk meningkatkan kesuburan. Apabila anda ternyata hamil dan mengkonsumsi obat tersebut maka akan membahayakan kandungan anda.Lakukanlah test pack kembali 3 hari setelah tes terakhir dan menggunakannya sesuai saran di atas. Periksakan kondisi anda ke dokter kandungan, makan makanan bergizi, hindari stres, beristirahat cukup dan olahraga ringan secara teratur.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kesehatan kandungankehamilantes kehamilancara menggunakan test packusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil